Kanal itu dapat diakses melalui aplikasi PUSAKA Superapps atau https://laporhajigusmen.kemenag.go.id/.
“Laporan yang masuk dimonitor langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas,” kata tenaga ahli Menteri Agama, Mahmud Syaltout, lewat keterangan resminya, Senin (12/6).
Menurut dia, Gus Men, panggilan akrab Menag Yaqut, telah menegaskan kepada para jemaah agar tidak sungkan melapor ke petugas haji, jika menemukan masalah.
"Jadi jemaah tidak perlu khawatir laporannya tidak direspon. Nanti kalau sudah tertangani, kita WhatsApp, karena di kanal pengaduan itu tercantum nomor telepon pelapor,” katanya.
Bila laporan tidak tertangani, lanjut Mahmud, pihaknya akan memanggil pihak-pihak yang terkait masalah. Namun seluruh laporan yang masuk ke kanal pengaduan dipilah terlebih dulu.
“Kalau belum tertangani, kita panggil, seperti tahun lalu. Awalnya jemaah yang melapor ketakutan, akhirnya bisa diselesaikan,” tandasnya.
BERITA TERKAIT: