Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kontras: Penegak Hukum Harus Utamakan Dialog Dengan Rakyat Papua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 20 Agustus 2019, 18:19 WIB
Kontras: Penegak Hukum Harus Utamakan Dialog Dengan Rakyat Papua
Diskusi Kontras soal permasalahan Papua/RMOL
rmol news logo Kericuhan yang terjadi di Manokwari dan Sorong, Papua dinilai sebagai akibat dari tindakan represif oknum aparat hukum terhadap etnis Papua.
HUT 79 RI

Demikian disampaikan oleh Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Kontras), Yati Andriyani. Atas dasar itu, ia meminta TNI-Polri tidak menggunakan kekerasan dalam mengusut perkara yang menyangkut warga Papua.

“Kepolisian kami harapakan tidak menggunakan kekuatan yang berlebihan, yang represif terhadap masyarakat, mahasiswa Papua yang menyampaikan ekspresi, pendapatnya atau tindakan lainnya di tempat mereka,” kata Yati di kantornya, Jalan Kramat II, Jakarta Pusat, Selasa (20/8).

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan pendekatan dan berdialog secara baik dengan warga Papua sebelum melakukan penangkapan dan penahanan. Sebab jika terus menggunakan langkah represif, maka persoalan Papua tak akan selesai.

Selain itu, Kontras juga meminta Komnas HAM mengambil langkah cepat dalam penanganan kasus Papua untuk mengungkap dalang kerusuhan yang sebenarnya terjadi.

"Komnas HAM harus turun dalam melakukan pemantauan supaya ada objektivitas dalam mengungkap persoalan ini,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA