Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putusnya Jembatan Di Pelosok Negeri, Tidak Halangi PLN Memperluas Jaringan Listrik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 20 Juli 2019, 20:41 WIB
Putusnya Jembatan Di Pelosok Negeri, Tidak Halangi PLN Memperluas Jaringan Listrik
Istimewa
rmol news logo Di tengah medan yang berat dan akses yang terbatas di pelosok negeri, sering kali menjadi kendala saat para petugas PLN, akan melakukan perluasan jaringan listrik.
HUT 79 RI

Khususnya, ditengah geografis pedesaan yang melewati hutan dan sungai-sungai menjadi tantangan, namun semua tidak akan bisa dilalui dengan perjuangan kerja yang ikhlas.

Hal ini pun terjadi saat PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo yang tergabung dalam Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UPPK) Sulawesi Tengah mengalami kendala, di saat truk pengangkut berisikan meterial tiang listrik terperosok di jembatan kayu yang menghubungkan antara Kabupaten Tojo Unauna (Touna) dan Kabupaten Bangga, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu (20/7) dini hari.

Jembatan yang terbuat dari kayu sepanjang 40 Meter tersebut putus saat Truk menyeberangi sungai, beruntungnya kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

“Jembatan Popanga itu merupakan akses utama ke Kecamatan Ampana Tete, lokasi untuk perluasan jaringan listrik,” jelas Manajer PLN UP2K Sulawesi Tengah, Robert Weku melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (29/7).

Meskipun begitu, Weku bertekad, PLN UP2K Sulawesi Tengah dan penyedia jasa yang mengerjakan perluasan jaringan listrik tersebut tetap berusaha agar material bisa sampai ke lokasi, termasuk akan memperbaiki jembatan guna pekerjaan pemasangan jaringan bisa dilakukan tepat waktu.

“Untuk menerangi wilayah yang belum tersentuh listrik di Sulawesi Tengah akan terus diupayakan meskipun harus melewati jembatan yang putus,” ujar Weku.

Jembatan tersebut merupakan akses menuju 6 Desa yang akan dilistriki oleh PLN, yaitu di Desa Balingara, Desa Sukamaju,Desa Empoa, Desa Bulan Jaya, Desa Wanasari, dan Desa Giri Mulyo. Saat ini rasio elektrifikasi di Sulawesi tengah sebesar 84,23 persen, dengan target pada akhir tahun ini Rasio Elektrifikasi dapat mencapai 99.99 persen.

Diketahui, jembatan Popanga yang terbuat dari kayu itu merupakan penghubung dari lokasi Dataran Bulan, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Unauna menuju ke Kecamatan Nuhon.

“Memang Jembatan itu terbuat dari kayu dan tidak bisa dilalui dengan kendaraan yang bermuatan barang bawaan yang banyak, namun kami mengapresiasi perjuangan rekan-rekan PLN yang tetap bekerja melanjutkan pemasangan tiang listrik” kata Senior Manager Perencanaan Pengadaan PLN Tri Susanto.

Bersyukur, atas upaya PLN juga semakin ringan dalam mendukung kelistrikan di lokasi tersebut, khususnya dengan bantuan warga setempat yang antusias membantu petugas PLN. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA