Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Satgas IDI Imbau Warga Pakai Masker

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 07 Desember 2023, 05:55 WIB
Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Satgas IDI Imbau Warga Pakai Masker
Ilustrasi warga memakai masker saat beraktivitas di tengah pandemi Covid-19/Net
rmol news logo Lonjakan kasus Covid-19 tengah terjadi di Indonesia. Masyarakat pun berpeluang kembali diwajibkan memakai masker saat beraktivitas.

Seperti dilaporkan Kementerian Kesehatan RI, kasus Covid-19 di Indonesia naik hingga 80 persen dengan jumlah kumulatif mingguan mencapai 267 pasien pada 28 November hingga 2 Desember 2023. Sebelumnya, kasus Covid-19 di Indonesia tercatat sebanyak 30 hingga 40 kasus per minggu.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melaporkan, sepanjang Oktober hingga November ini, kasus Covid-19 di Indonesia meningkat hingga dua kali lipat. Padahal, saat ini penggunaan masker oleh masyarakat bisa dibilang sudah sangat menurun.

"Kita memang melihat sekarang bahwa pelaksanaan protokol kesehatan itu terutama memakai masker, itu sudah longgar ya," ujar Ketua Satgas Covid-19 IDI sekaligus spesialis paru RS Persahabatan, dr Erlina Burhan, dalam konferensi pers virtual, Rabu (6/12).

"Tapi di Indonesia ada data menunjukkan peningkatan lebih dari dua kali antara Oktober-November. Kami dari PB IDI mengimbau masyarakat mulailah memakai masker," tuturnya.

Tak hanya di Indonesia, lonjakan kasus Covid-19 juga dikabarkan dialami Singapura yang dipicu oleh varian Eris EG.5 dan EG.2. Namun, menurut dr Erlina, gejala Covid-19 dengan infeksi varian ini sebenarnya relatif ringan.

"EG.5 sudah ditemukan di Indonesia sejak Juli (2023). Bahkan angkanya hampir menyentuh 20 persen saat variannya adalah EG.5. Tapi kan gejalanya ringan-ringan saja, tidak ada lonjakan kasus," tutup dr Erlina. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA