Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Deteksi Lima Kasus Malaria Pertama Setelah 20 Tahun, Empat di Florida dan Satu di Texas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 04:19 WIB
AS Deteksi Lima Kasus Malaria Pertama Setelah 20 Tahun, Empat di Florida dan Satu di Texas
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan ada lima kasus malaria telah dikonfirmasi di Florida dan Texas.

Ini adalah pertama kali penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang berpotensi fatal ini, muncul lagi di AS  dalam 20 tahun.

Malaria merupakan masalah kesehatan yang serius untuk beberapa negara, termasuk AS.  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) akhirnya didirikan pada tahun 1946 untuk menghentikan penyakit tersebut.

Pada 1947, ada 15.000 kasus malaria di AS. Jumlah itu kemudian menurun drastis hingga pada tahun 1950 jumlahnya hanya 2.000, dan pada 1951, AS bisa menyatakan kemenangannya terhadap kasus penyakit ini.

Namun ternyata malaria tidak sepenuhnya hilang dari AS. Setiap tahun, ada sekitar 2.000 kasus. Gejala dapat berupa demam tinggi, nyeri tubuh, diare dan muntah, dan AS memang melihat beberapa kematian tahunan akibat penyakit ini.

Ahli epidemiologi percaya bahwa pasien kemungkinan besar adalah pelancong atau imigran yang tertular penyakit di luar AS daripada dari gigitan nyamuk di dalam perbatasan AS.

Dari Lima kasus yang terdeteksi baru-baru ini, empat kasus ada di Florida dan satu kasus ada di Texas. Kelimanya sebenarnya telah didiagnosis sejak dua bulan lalu.

Negara bagian Florida mengatakan bahwa kasus pertamanya didiagnosis pada 26 Mei di Sarasota County, sementara pejabat di Texas mengatakan bahwa seorang penduduk Texas yang bekerja di luar ruangan di Cameron County telah didiagnosis menderita penyakit tersebut.

CDC mengatakan dalam peringatan yang dirilis Senin bahwa malaria dianggap darurat medis, dan siapa pun yang memiliki gejala harus segera diberi tindakan.

Malaria disebabkan oleh lima spesies parasit yang dibawa oleh nyamuk betina tertentu. Gejalanya meliputi demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Mual, diare, dan muntah juga dapat muncul. Malaria dapat menyebabkan kerusakan yang mengancam jiwa, termasuk gagal ginjal, kejang, dan koma, seperti dikutip dari The Weather Network.

Negara bagian Florida telah mengeluarkan peringatan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan merekomendasikan agar penduduk mengeringkan genangan air, memastikan tirai jendela mereka tidak berlubang dan menggunakan insektisida yang mengandung DEET untuk mengusir nyamuk. Baju dan celana lengan panjang juga disarankan saat ada nyamuk.

Negara bagian Texas juga telah mengeluarkan peringatan kesehatan, menyarankan dokter untuk secara rutin mendapatkan riwayat perjalanan untuk menentukan apakah pasien dengan gejala malaria menghabiskan waktu di luar rumah dan digigit nyamuk di daerah dengan aktivitas malaria. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA