Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besok, Kasus Pungli Rutan KPK Mulai Disidangkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 31 Juli 2024, 10:07 WIB
Besok, Kasus Pungli Rutan KPK Mulai Disidangkan
Rutan KPK pada Gedung Merah Putih/RMOL
rmol news logo Sebanyak 15 orang mantan pegawai Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mulai diadili dalam kasus dugaan pungutan liar (pungli) pada Kamis besok (1/8).

Jaksa KPK, Agung Nugroho Santoso mengatakan, berdasarkan penetapan Majelis Hakim, persidangan dengan terdakwa mantan Kepala Cabang Rutan KPK, Achmad Fauzi dan 14 orang terdakwa lainnya akan dilaksanakan pada Kamis besok (1/8) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Waktu sidang pukul 10.00 WIB, dan para terdakwa akan dihadirkan secara langsung di persidangan," kata Jaksa KPK, Agung kepada RMOL, Rabu (31/7).

Dari 15 orang terdakwa itu terbagi dalam 6 berkas perkara yang disusun dengan 2 surat dakwaan. Untuk dakwaan jilid pertama dengan terdakwa Achmad Fauzi, Deden Rochendi, Hengki, Ristanta, Erlangga Permana, Sopian Hadi, Agung Nugroho, Ari Rahman Hakim. Sedangkan dakwaan jilid kedua dengan terdakwa Muhammad Ridwan, Mahdi Aris, Suharlan, Ricky Rachmawanto, Wardoyo, Muhammad Abduh, Ramadhan Ubaidillah A.

Para pihak dimaksud akan didakwa dengan dakwaan Pasal 12 huruf e UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP Juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

Total besaran yang diterima para terdakwa sebesar Rp6,3 miliar. Nantinya dalam dakwaan, tim Jaksa akan membuka peran dari para tahanan yang memberikan sejumlah uang ke para terdakwa, di antaranya Nurhadi, Emirsyah Sataar, Dodi Reza Alex Noerdin Muhammad Azis Syamsudin, Yoory Cornelis, Firjan Taufan dan Sahat Tua Simanjuntak.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA