Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Bunuh Pemimpin Senior Al Qaeda di Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 24 Agustus 2024, 22:52 WIB
AS Bunuh Pemimpin Senior Al Qaeda di Suriah
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat melancarkan serangan udara ke markas Al Qaeda di Suriah dan menewaskan Abu 'Abd al-Rahman al-Makki, salah satu pemimpin senior kelompok tersebut. 
HUT 79 RI

Pengumuman ini disampaikan oleh Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Sabtu (24/8) menyusul operasi yang menargetkan tokoh penting dalam jaringan teroris tersebut.

Seperti dikutip Amu TV, Al-Makki dikenal sebagai anggota Dewan Syura Hurras al-Din, sebuah kelompok afiliasi al-Qaeda yang bertanggung jawab atas berbagai aktivitas teroris di kawasan itu. 

Menurut pernyataan resmi CENTCOM, operasi ini dilakukan untuk melemahkan kemampuan kelompok teroris tersebut dalam mengancam keamanan regional dan global.

Komandan CENTCOM, Jenderal Michael Erik Kurilla menegaskan kembali komitmen AS dalam memerangi terorisme di wilayah tanggung jawabnya, yang mencakup kawasan Timur Tengah. 

“Langkah ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan AS untuk melindungi kepentingan nasional serta menjaga stabilitas di wilayah tersebut,” kata Erik.

Hurras al-Din, yang beroperasi di Suriah sejak 2018 telah ditetapkan sebagai "Teroris Global yang Ditunjuk Secara Khusus" oleh pemerintah AS pada September 2019. 

Penetapan ini dilakukan melalui Perintah Eksekutif 13224, sebuah langkah yang diambil setelah tragedi serangan 11 September 2001 yang menewaskan 3.000 orang AS.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA