Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netanyahu Sampaikan Pidato Penuh Kebohongan di Depan Kongres AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 26 Juli 2024, 12:42 WIB
Netanyahu Sampaikan Pidato Penuh Kebohongan di Depan Kongres AS
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu/Brookings Instution
rmol news logo Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyampaikan banyak hal di hadapan Kongres Amerika Serikat pada Rabu (24/7).

Sayangnya pidato tersebut mengandung banyak sekali kebohongan terkait perang Israel di Gaza yang tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Di antara klaim Netanyahu yang tidak benar terkait pengiriman bantuan pangan ke Gaza, perlindungan warga sipil Palestina, dan negosiasi yang dimediasi dengan Perlawanan Palestina.

Berikut sejumlah pengecekan fakta terhadap apa yang disampaikan Netanyahu di Kongres AS, seperti dimuat Al Mayadeen pada Jumat (26/7).

Pengiriman Bantuan Pangan ke Gaza

Netanyahu mengecam ICC karena menuduh Israel sengaja membuat warga Gaza kelaparan, dengan mengatakan bahwa hal itu adalah omong kosong belaka dan rekayasa belaka.

Dia mengklaim bahwa pasukan pendudukan Israel (IDF) mengizinkan lebih dari 40.000 truk bantuan, yang setara dengan setengah juta ton makanan, masuk ke Jalur Gaza.

Namun Netanyahu tidak menyebutkan bagaimana IDF dengan sengaja memblokir pengiriman bantuan ke Jalur Gaza, atau bagaimana mereka dengan sengaja merusak barang-barang tersebut.

Menurut data PBB, 28.018 truk makanan memasuki Gaza selama 10 bulan perang.

Namun Israel memblokir penyeberangan Rafah, yang menjadi jalur masuk sebagian besar pengiriman makanan ke Gaza, sehingga penduduk Palestina hanya bergantung pada penyeberangan Karem Abu Salem, yang secara eksponensial mengurangi jumlah truk makanan yang diizinkan memasuki Jalur Gaza.

Pada bulan Februari, lima bulan setelah perang dimulai, UNRWA mengungkapkan bahwa Israel memblokir pengiriman makanan yang ditujukan untuk 1,1 juta orang di Gaza.

Perlindungan terhadap Warga Sipil Gaza


"Pengiriman makanan untuk 1,1 juta orang tertahan di pelabuhan Israel karena pembatasan baru-baru ini dari otoritas Israel. 1.049 kontainer beras, tepung, buncis, gula & minyak goreng tertahan karena keluarga-keluarga di Gaza menghadapi kelaparan dan kelangkaan," ungkap laporan tersebut.

Di bulan April, Program Pangan Dunia (WFP) mengungkapkan bahwa sepanjang bulan tersebut, hanya 392 truk makanan yang diizinkan memasuki Gaza. Laporan ini jelas membantah klaim Israel yang mengizinkan peningkatan bantuan kemanusiaan (rata-rata 300 per hari) karena perang semakin lama semakin berkepanjangan.

Mei lalu, kurang dari sebulan setelah pengambilalihan perlintasan Rafah, tumpukan bantuan menumpuk di jalan antara sisi perbatasan Mesir dan kota al-Arish, yang berjarak sekitar 45 kilometer di sebelah barat Rafah dan berfungsi sebagai titik masuk untuk pengiriman bantuan kemanusiaan asing.

Seorang pengemudi truk mengatakan bahwa bantuan pangan yang berada di truknya selama sebulan, perlahan membusuk karena panas.

"Apel, pisang, ayam, dan keju, banyak barang telah membusuk, beberapa barang telah dikembalikan dan dijual dengan harga seperempat dari harganya," ujarnya.

Baru-baru ini, Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina menegaskan bahwa 96 persen warga Palestina di Jalur Gaza hidup dalam kerawanan pangan yang ekstrem.

Meskipun PBB dan organisasi kemanusiaan telah mengatakan bahwa minimal 500 truk bantuan kemanusiaan dibutuhkan setiap hari untuk mencegah kelaparan di Gaza, bahkan menurut angka Netanyahu yang mencapai 40.000, hanya 137 truk yang masuk setiap hari sejak perang dimulai.

"Jaksa ICC menuduh Israel sengaja menargetkan warga sipil. Apa yang sebenarnya dia bicarakan? IDF baru saja menyebarkan jutaan selebaran, mengirim jutaan pesan teks, membuat ratusan ribu panggilan telepon untuk menyelamatkan warga sipil Palestina dari bahaya," Netanyahu berteriak dengan berani di hadapan Kongres.

IDF memang mengirim pesan teks dan menyebarkan selebaran di kota-kota dan lingkungan Gaza, warga Palestina telah berulang kali mengungsi, sejak perang dimulai, dan telah kehabisan tempat untuk bersembunyi, terutama di tengah pemboman yang tak henti-hentinya di zona-zona yang diduga aman.

Selain itu, dalam beberapa contoh yang terdokumentasi, pesan dan selebaran yang diduga itu datang hanya beberapa saat sebelum pemboman Israel.

Bahkan "zona aman" yang berbendera Israel dibom tanpa henti tepat saat warga sipil yang mengungsi tiba dan mendirikan tenda darurat mereka.

Pada bulan Mei, IOF melakukan pembantaian terhadap puluhan orang yang mengungsi dengan mengebom tenda-tenda mereka yang didirikan di gudang-gudang UNRWA di Rafah, Jalur Gaza selatan, yang diduga sebagai zona aman.

Negosiasi yang Dimediasi dengan Hamas

Menurut Netanyahu, Perang di Gaza dapat berakhir besok jika Hamas menyerah, melucuti senjata, dan memulangkan semua sandera. Jika tidak, Israel akan berperang sampai Hamas hancur dari Gaza.

Sayangnya, Perdana Menteri Israel gagal menyebutkan perjanjian gencatan senjata di Gaza, salah satu tuntutan Hamas yang tidak dapat dinegosiasikan untuk mengakhiri perang.

Netanyahu telah berulang kali menyatakan bahwa "Israel" akan melanjutkan perang berdarahnya di Jalur Gaza sampai semua tujuan perang tercapai. Sejauh ini, tidak ada satu pun tujuan perang yang tercapai.

Ia bersumpah untuk membawa kembali tawanan Israel tetapi akhirnya membunuh sedikitnya 39 dari mereka akibat serangan udara yang diluncurkan IDF pada Hamas.

Minggu lalu, dua sumber Mesir mengatakan bahwa negosiasi untuk gencatan senjata di Gaza telah dihentikan hingga pendudukan Israel menunjukkan keseriusan untuk mencapai kesepakatan.

Di sisi lain, Hamas telah menunjukkan fleksibilitas selama negosiasi dan telah bereaksi positif terhadap rencana gencatan senjata yang diusulkan.

Sayangnya Israel masih menyetujuinya. Mereka diduga sengaja mengulur waktu agar tetap bisa melancarkan strategi bumi hangus di Gaza.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA