Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masih Sakit Hati, Israel Tolak Kunjungan Menlu Norwegia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 16 Juli 2024, 16:47 WIB
Masih Sakit Hati, Israel Tolak Kunjungan Menlu Norwegia
Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eid/Net
rmol news logo Permintaan Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eid untuk berkunjung ke Israel telah ditolak oleh pemerintah setempat.

Penolakan itu merupakan respon kemarahan Israel terhadap keputusan Norwegia mengakui negara Palestina.

Laporan Channel 7 Israel menyebut Menlu Norwegia sempat menemui Menlu Israel Katz di forum NATO minggu lalu di Washington untuk menggordinasikan kunjungan tersebut.

Barth Eid menjelaskan bahwa setelah memberikan pengakuan terhadap Palestina, Norwegia, Spanyol dan Irlandia ingin mengkomunikasikannya langsung dengan Israel.

“Ada banyak hal yang harus kita diskusikan,” ujar Menlu Norwegia pada Katz.

Namun sayangnya, Katz tidak menanggapi permintaan tersebut, dia hanya menjawab: "Anda juga telah melakukan banyak hal terhadap kami."

Negara Eropa, bersama Spanyol dan Irlandia, mengakui Palestina pada bulan Mei. Norwegia juga menolak mengutuk kelompok Perlawanan Hamas dan mendukung kasus hukum genosida terhadap "Israel" di Mahkamah Internasional (ICJ).

Menlu Barth Eide menyatakan bahwa Norwegia siap menangkap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu jika dia mengunjungi negara tersebut jika Pengadilan Kriminal Internasional (ICC)mengeluarkan surat perintah, yang saat ini sedang dinilai.

Perdana Menteri Norwegia yakin pengakuan negara Palestina adalah persyaratan mendasar untuk mencapai perdamaian abadi di Timur Tengah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA