Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puji Inisiatif Otonomi Sahara Maroko, Slovenia: Langkah Baik Menuju Perdamaian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 12 Juni 2024, 13:01 WIB
Puji Inisiatif Otonomi Sahara Maroko, Slovenia: Langkah Baik Menuju Perdamaian
Menteri Luar Negeri Sloveni, Tanja Fajon dan Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Ekspatriat Maroko, Nasser Bourita di Rabat pada Selasa, 11 Juni 2024/Ist
rmol news logo Rencana otonomi Sahara yang diinisiasi oleh Kerajaan Maroko dinilai mampu menjadi dasar bagi terciptanya perdamaian di wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Sloveni, Tanja Fajon selama pertemuan bilateralnya di Rabat dengan Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Ekspatriat Maroko, Nasser Bourita pada Selasa (11/6).

Dalam kesempatan itu, Fajon menegaskan kembali dukungan Slovenia terhadap upaya perdamaian Sahara Barat yang dipimpin PBB. Dia menilai inisiatif otonomi di bawah kedaulatan Maroko merupakan solusi untuk mengakhiri konflik Sahara.

"Slovenia menegaskan kembali dukungan negaranya terhadap proses yang dipimpin PBB dan memuji upaya Maroko yang serius dan kredibel untuk mencapai solusi politik yang realistis, pragmatis, langgeng, dapat diterima bersama," tegasnya.

Menlu Slovenia dan Maroko menyatakan kesamaan posisi mengenai peran eksklusif PBB dalam proses politik. Keduanya menegaskan kembali dukungan terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB, termasuk resolusi 2703 yang diadopsi tanggal 30 Oktober 2023.

Menlu Slovenia dan Wakil Perdana Menteri Slovenia melakukan kunjungan resmi ke Maroko, atas undangan Bourita, untuk memperingati 32 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Kerajaan Maroko dan Republik Slovenia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA