Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prancis Desak China Ambil Sikap yang Jelas Soal Perang Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 01 April 2024, 17:34 WIB
Prancis Desak China Ambil Sikap yang Jelas Soal Perang Ukraina
Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne dan Menlu China Wang Yi pada konferensi pers di Beijing pada Senin, 1 April 2024/Net
rmol news logo Sikap China yang kurang jelas terhadap perang Ukraina, menjadi bahan kritikan Jerman.

Menteri Luar Negeri Stephane Sejourne pada Senin (4/1) mendesak China memberikan pesan yang jelas terhadap rekan dekatnya Rusia, bahwa perang di Ukraina harus  segera dihentikan.

"Kami berharap China mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada Rusia. Kami tidak yakin ada perdamaian abadi jika konflik Ukraina tidak dinegosiasikan dengan baik," tegasnya dalam konferensi pers bersama Menlu China, Wang Yi di Beijing, seperti dikutip dari AFP.

Sejak perang meletus Februari 2022, China mengambil sikap independen dengan tidak mengikuti Barat menjatuhkan sanksi pada Rusia.

Meski menentang adanya perang di Ukraina, tetapi China juga tetap menjaga hubungan baik, terutama kerjasama perdagangan dengan Rusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Perancis dan China telah berupaya untuk memperkuat hubungan bilateral.
 
Kunjungan Sejourne adalah kunjungan kedua menteri luar negeri Prancis ke China dalam waktu kurang dari enam bulan menyusul kunjungan pendahulunya, Catherine Colonna, pada bulan November.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA