Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Utara Gelar Uji Coba Senjata Nuklir Bawah Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 19 Januari 2024, 14:04 WIB
Korea Utara Gelar Uji Coba Senjata Nuklir Bawah Laut
Media pemerintah Korea Utara mempublikasikan gambar-gambar sistem nuklir bawah laut April lalu/Net
rmol news logo Korea Utara melakukan uji coba sistem senjata nuklir bawah airnya sebagai respons terhadap "latihan militer gabungan" Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.

Menurut laporan Kantor Berita Resmi KCNA pada Jumat (19/1), militer Korea Utara menggelar uji coba pada sistem "Haeil 5-23” yang dikembangkan di perairan Laut Timur.

"Sebagai tindakan balasan terhadap ancaman serius tersebut (latihan militer), Korea Utara melakukan uji coba pada Haeil 5-23 di bawah laut," bunyi laporan tersebut.

Pekan ini Korea Selatan, AS dan Jepang menggelar latihan maritim bersama dan melibatkan kapal induk USS Carl Vinson di sekitar perairan Pulau Jeju.

Korea Utara berulangkali mengecam latihan militer sekutu Seoul yang disebutnya mampu meningkatkan destabilisasi nasional.

Sebagai respon, Korea Utara sebelumnya pernah melakukan uji coba serangkaian rudal balistik antarbenua yang jatuh ke Laut Timur, dan dianggap sebagai pelanggaran nyata terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA