Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Essequibo Berkecamuk, Inggris Kirim Kapal Patroli ke Perairan Guyana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 25 Desember 2023, 16:38 WIB
Essequibo Berkecamuk, Inggris Kirim Kapal Patroli ke Perairan Guyana
Kapal Patroli Angkatan Laut Kerajaan HMS Trent/Net
rmol news logo Kapal Angkatan Laut Inggris akan dikerahkan ke lepas pantai Guyana akhir bulan ini di tengah ketegangan di wilayah sengketa kaya minyak Essequibo.

Hal itu diungkap Kementerian Pertahanan Inggris pada Minggu (24/12). Disebutkan bahwa kapal yang akan dikirim ialah HMS Trent.

"Inggris akan mengerahkan kapal patroli Angkatan Laut Kerajaan HMS Trent," ungkap Kemhan Inggris tanpa memberikan alasan seperti sengketa perbatasan atau pengawasan terhadap Venezuela.

Mengutip Reuters pada Senin (25/12) pengiriman kapal militer dilakukan setelah kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Inggris ke Guyana awal Desember lalu.

Disinyalir pengerahan HMS Trent merupakan bagian dari dukungan Inggris kepada Guyana selaku sekutu sekaligus negara bekas jajahannya.

Wilayah Essequibo seluas 160.000 km persegi umumnya diakui sebagai bagian dari Guyana. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Venezuela telah menghidupkan kembali klaimnya atas wilayah tersebut dan wilayah lepas pantai setelah penemuan minyak dan gas dalam jumlah besar.

Awal bulan ini, Guyana dan Venezuela sepakat untuk menghindari penggunaan kekuatan militer untuk meredakan ketegangan akibat sengketa Essequibo.

Tetapi Menteri Pertahanan Venezuela, Vladimir Padrino menegaskan bahwa pihaknya akan tetap waspada terhadap provokasi Guyana yang dinilai mampu membahayakan perdamaian dan stabilitas Karibia dan Amerika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA