Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Gunakan Agama untuk Mencari Untung, Empat Warga Tibet Ditahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 17 Desember 2023, 11:59 WIB
Diduga Gunakan Agama untuk Mencari Untung, Empat Warga Tibet Ditahan
Salah seorang tersangka penipuan di Tibet bernama Nyima yang ditangkap di China pada Senin, 11 Desember 2023/Net
rmol news logo Meletakkan ukiran batu mani di Kegudo, Tibet merupakan tradisi yang rutin diselenggarakan warga setempat di hari-hari baik setiap tahunnya.

Kendati demikian, mengutip laporan Tibet Times pada Minggu (17/12), terdapat oknum yang sengaja menggunakan tradisi itu untuk memperoleh keuntungan secara besar-besaran.

Pada Senin (11/12), sekitar pukul 08.30 waktu setempat, empat orang penyelenggara utama proyek peletakan ukiran batu Mani ditangkap di kota Kham, Kyegudo.

Mereka diduga telah mengumpulkan sumbangan dalam jumlah besar secara ilegal. Tahun ini para pelaku berhasil mengumpulkan dana sumbangan untuk batu mani hingga mencapai 2,3 juta yuan (Rp 5 miliar).

Empat pelaku yang ditahan diketahui bernama Lhokar, Nyima, Tsetar, dan Rinchen.

"Para pelaku diduga sengaja memanfaatkan agama dan pengaruh leluhur untuk melakukan penipuan demi keuntungan pribadi," ungkap laporan tersebut.

Nyima dan Lhokar, bersaudara, mengoperasikan toko yang mengkhususkan diri pada tekstil tradisional dan artefak keagamaan di kota Kegudo.

Sementara itu, Tsetar berasal dari Dhitoe Zhong, dan Rinchen berasal dari Mani, mencari nafkah dengan mengukir batu mani.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA