Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jet Tempur F-16 AS Jatuh di Lepas Pantai Korea Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 11 Desember 2023, 14:38 WIB
Jet Tempur F-16 AS Jatuh di Lepas Pantai Korea Selatan
Jet tempur F-16 saat latihan udara gabungan tahunan “Max Thunder” antara Korea Selatan dan AS di Pangkalan Udara Kunsan di Gunsan, Korea Selatan pada tanggal 20 April 2017/Net
rmol news logo Jet tempur canggih F-16 milik Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah jatuh saat melakukan misi pelatihan di perairan lepas pantai Korea Selatan pada Senin (11/12).

Menurut laporan Pangkalan Udara Kunsan AS, pesawat itu jatuh setelah mengalami keadaan darurat selama penerbangan di atas Laut Kuning.

"Penyebab keadaan darurat dalam penerbangan tidak diketahui dan insiden tersebut akan diselidiki secara menyeluruh,” bunyi laporan tersebut, seperti dimuat Japan Times.

Komandan Sayap Pertarungan ke-8, Kolonel Matthew Gaetke mengatakan pilot yang mengendarai F-16 berhasil keluar dari pesawat dan ditemukan dalam keadaan baik.

Kecelakaan tersebut memicu kekhawatiran tentang jaminan keselamatan yang ditawarkan pada produk kedirgantaraan AS.

Pasalnya, sebelum F-16 jatuh di perairan Korea Selatan, pesawat V-22 Osprey AS juga mengalami kecelakaan bulan lalu di dekat Pulau Jepang dan menewaskan delapan penerbangnya.

Atas kejadian itu, pemerintah Jepang meminta pasukan militer AS untuk menangguhkan penggunaan Osprey, yang dibuat oleh unit Boeing dan unit Bell Helicopter Textron. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA