Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno Kecewa Dewan Keamanan PBB Gagal Sahkan Resolusi Gencatan Senjata Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 11 Desember 2023, 09:05 WIB
Menlu Retno Kecewa Dewan Keamanan PBB Gagal Sahkan Resolusi Gencatan Senjata Gaza
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan khusus Executive Board WHO di Jenewa pada 10 Desember 2023/Ist
rmol news logo Pemerintah Indonesia, melalui Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, menyampaikan kekecewaan atas gagalnya resolusi gencatan senjata segera di Gaza.

Pada Jumat (8/12), Amerika Serikat (AS) memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera untuk menghentikan pertumpahan darah di Jalur Gaza.

Resolusi tersebut disponsori bersama oleh hampir 100 negara anggota PBB, mendapat dukungan dari 13 anggota Dewan Keamanan. Inggris, yang juga merupakan anggota tetap Dewan Keamanan dengan hak veto, abstain.

Kekecewaan atas gagalnya resolusi tersebut diungkap oleh Retno ketika menghadiri pertemuan khusus Executive Board Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa pada Minggu (10/12).

"Dalam pertemuan saya sampaikan bahwa Indonesia sangat kecewa Dewan Keamanan PBB kembali gagal mensahkan resolusi mengenai humanitarian ceasefire yang akan dapat mengurangi penderitaan masyarakat Gaza," kata Retno dalam press briefing usai pertemuan.

Meski begitu, Retno menekankan bahwa upaya untuk memperbaiki situasi di Gaza harus terus dilakukan.

"Kita tidak boleh menyerah. Never give up," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA