Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Lacak 24 Pesawat dan Enam Kapal AL China di Sekitar Pulau Formosa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 03 Desember 2023, 12:23 WIB
Taiwan Lacak 24 Pesawat dan Enam Kapal AL China di Sekitar Pulau Formosa
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kehadiran 24 pesawat dan enam kapal angkatan laut China terdeteksi oleh Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) pada Jumat (1/12), sekitar pukul 6 pagi waktu setempat.

Menurut laporan MND, 12 dari 24 pesawat militer terlacak di zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, termasuk enam jet tempur Chengdu J-10 dan dua jet tempur Shenyang J-16 yang melintasi garis median Selat Taiwan.

Sementara itu, satu pesawat perang anti-kapal selam Shaanxi Y-8, satu pesawat angkut Shaanxi Y-9, satu pesawat peringatan dini dan kendali udara KJ-500, dan satu helikopter perang anti-kapal selam Harbin Z-9 memasuki sudut barat daya ADIZ.

"Sebagai respons, Taiwan mengirimkan pesawat dan kapal angkatan laut serta mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk memantau aktivitas militer China," ungkap MND, seperti dimuat Taiwan News.

Penemuan Taiwan bukan yang pertama kali terjadi. Bulan lalu, China mengirim 362 pesawat militer dan 182 kapal angkatan laut mengelilingi negara kepulauan kecil yang diklaim miliknya.

Sejak September 2020, China telah meningkatkan penggunaan taktik zona abu-abu dengan secara bertahap meningkatkan jumlah pesawat militer dan kapal angkatan laut yang beroperasi di sekitar Taiwan.

Taktik zona abu-abu didefinisikan sebagai serangkaian upaya di luar pencegahan dan jaminan yang ditetapkan untuk mencapai tujuan keamanan tanpa menggunakan kekuatan langsung dan dalam jumlah besar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA