Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perhelatan Miss Universe di El Salvador Diwarnai Aksi Protes Ratusan Warga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 19 November 2023, 16:54 WIB
Perhelatan Miss Universe di El Salvador Diwarnai Aksi Protes Ratusan Warga
Salah satu pengunjuk rasa yang melakukan protes di El Salvador pada Sabtu, 18 November 2023/Net
rmol news logo Aksi unjuk rasa ratusan warga turut mewarnai perhelatan Miss Universe yang digelar di El Salvador pada Sabtu (18/11).

Sedikitnya 300 orang hadir dalam aksi demonstrasi, mereka berjalan dari Monumen Konstitusi menuju sebuah hotel tempat puluhan delegasi Miss Universe menginap.

Salah satu peserta demo, Guadalupe Avila mengatakan bahwa unjuk rasa dilakukan untuk menentang tindakan keras pemerintah terhadap kelompok geng bersenjata. Kebijakan itu dinilai tidak efektif karena banyak dari orang-orang yang tidak bersalah, ikut terseret dan dipenjara.

Avila mengaku jika anaknya bernama Carlos, 27 tahun, ditangkap tanpa alasan yang jelas 19 bulan lalu. Oleh sebab itu, dia datang dan ingin menuntut keadilan untuk putranya.

Sambil memegang papan foto putranya, Avila mengatakan dia ingin agar Miss Universe tahu penderitaan apa yang dialami masyarakat di sana.

"Kami ingin Miss Universe melihat masyarakat Salvador menderita. Negeri ini tidak seperti yang diberitahukan kepada mereka," ujar Avila, seperti dimuat The Star.

Lusinan polisi dan tentara dikerahkan untuk menjaga gedung dan berpatroli dengan kendaraan lapis baja ketika pengunjuk rasa berdemonstrasi di luar.

Beberapa pengunjuk rasa mengenakan ikat pinggang bertuliskan "Miss Tahanan Politik", "Miss Penganiayaan", dan "Miss Pengadilan Massal" untuk menggambarkan ribuan orang yang ditangkap akibat kebijakan Anti-geng El Salvador.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA