Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tentang Konflik Israel-Palestina, Raja Maroko: Tidak Ada Ruang Bagi Agenda Diri Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 13 November 2023, 10:38 WIB
Tentang Konflik Israel-Palestina, Raja Maroko: Tidak Ada Ruang Bagi Agenda Diri Sendiri
Raja Mohammed VI dari Maroko.
rmol news logo Raja Mohammed VI dari Maroko menyerukan kebangkitan hati nurani komunitas internasional dan tindakan bersama untuk menghentikan pembunuhan manusia di Jalur Gaza.

Seruan itu disampaikan Raja Mohammed VI saat berbicara ddi KTT Luar Biasa Arab-Islam di Riyadh, Arab Saudi (Sabtu, 11/11).

“Sesuai komitmen saya terhadap perdamaian dan dalam kapasitas saya sebagai Ketua Komite Al Quds, saya menyerukan kebangkitan hati nurani komunitas internasional untuk menghentikan pembunuhan terhadap manusia, yang dimuliakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. dan atas kerja sama, masing-masing dari posisi kita masing-masing, untuk mencapai empat prioritas mendesak”, kata Raja Mohammed VI dalam pidatonya yang dibacakan Perdana Menteri Aziz Akhannouch.

Dia menambahkan, prioritas pertama adalah mewujudkan deeskalasi dan menghentikan serangan militer guna membuka jalan bagi gencatan senjata yang permanen dan dapat diverifikasi. Dia menekankan, prioritas kedua adalah memastikan perlindungan warga sipil dan mencegah mereka menjadi target serangan sesuai hukum internasional dan hukum humaniter internasional.

Adapun prioritas ketiga, menurut Raja Mohammed VI, adalah memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan yang stabil dalam jumlah yang cukup kepada penduduk Gaza.

Lalu, prioritas keempat membuka jalan bagi penyelesaian politik atas permasalahan Palestina dalam kerangka solusi dua negara yang disepakati oleh komunitas internasional.

“Kita sedang menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan menjadi lebih rumit lagi karena agresi Israel yang terang-terangan dan terus menerus terhadap warga sipil yang tidak berdaya. Yang lebih memperparah krisis ini adalah diamnya komunitas internasional, dan fakta bahwa negara-negara berpengaruh mengabaikan bencana kemanusiaan yang menimpa  penduduk Jalur Gaza,” ujar Raja Mohammed VI.

Dalam bagian lain dia mengatakan. menyangkut masa depan kawasan, tidak ada ruang bagi agenda yang mementingkan diri sendiri, dan memastikan bahwa momen penting ini harus ditangani dengan cara yang konsisten sejalan dengan tanggung jawab historis, berdasarkan pada empat fakta yang terbukti dengan sendirinya.

Fakta pertama yang dimaksudnya adalah, bahwa “tidak ada alternatif selain perdamaian sejati di kawasan ini,  perdamaian yang menjamin hak-hak sah rakyat Palestina berdasarkan solusi dua negara”. Lalu fakta kedua, adalah “tidak ada alternatif selain perdamaian” dimana Palestina merupakan negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Adapun fakta ketiga adalah, “Tidak ada alternatif selain memperkuat Otoritas Palestina, di bawah kepemimpinan saudara saya Presiden Mahmoud Abbas Abu Mazen,” sambungnya.

Sebagai fakta keempat, dia menegaskan, tidak ada alternatif selain membangun mekanisme yang berkelanjutan berdasarkan penghormatan terhadap hukum internasional dan resolusi internasional yang disepakati.

Hentikan Agresi Al Quds


Raja Mohammed VI juga mengingatkan bahwa sesi luar biasa KTT Arab dan Islam ini diadakan dalam konteks yang penuh dengan ketegangan dan konflik bersenjata yang terus berlanjut di Jalur Gaza, yang menyebabkan ribuan orang di antara warga sipil yang tidak berdaya terbunuh atau terluka. Hal ini juga menyebabkan kehancuran massal, kehancuran dan pengepungan besar-besaran, yang merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan.

“Meskipun sejumlah suara bijak telah menyerukan deeskalasi dan pengendalian diri, artileri dan rudal Israel masih menargetkan warga sipil yang tidak berdaya, termasuk anak-anak, wanita dan orang tua, dan semua tempat ibadah, rumah sakit dan kamp telah dihancurkan sebagian atau seluruhnya,” sesal Raja.

“Menyelesaikan krisis ini dan memastikan hal itu tidak terjadi lagi hanya dapat dicapai dengan menghentikan agresi terhadap Al Quds Al Sharif dan mengakhiri provokasi yang melukai perasaan lebih dari satu miliar umat Islam,” Raja Mohammed VI menggarisbawahi.

Dia juga mengatakan, bahwa sebagaimana ditunjukkan dalam “Panggilan Yerusalem” yang ditandatangani Yang Berdaulat dan Yang Mulia Paus Fransiskus adalah tugas setiap orang untuk melestarikan Kota Suci Yerusalem sebagai warisan bersama umat manusia dan, di atas segalanya, semuanya, sebagai simbol nilai-nilai saling menghargai.

“Siapa pun yang berpikir bahwa logika kekerasan dapat mengubah kenyataan dan identitas yang mengakar ini adalah salah. Sebagai Ketua Komite Al Quds, saya akan melakukan hal yang sama. Saya selalu bangkit melawan upaya-upaya seperti itu, dengan berkoordinasi dengan saudara saya, Yang Mulia Raja Abdullah II, penjaga tempat-tempat suci Islam dan Kristen di Yerusalem”, katanya lagi.

“Kita berada pada titik balik. Hal ini mengharuskan kita masing-masing untuk bersikap tegas dan bertanggung jawab untuk menghentikan serangan Israel, dan menggunakan logika nalar dan kebijaksanaan untuk mencapai perdamaian yang adil dan abadi di wilayah tersebut. dunia, demi keamanan dan stabilitas seluruh bangsa di kawasan,” demikian Raja Mohammed VI. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA