Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu RI: ASEAN Harus Kerja Keras Pertahankan Stabilitas di Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 November 2023, 13:09 WIB
Menlu RI: ASEAN Harus Kerja Keras Pertahankan Stabilitas di Kawasan
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam sambutan di acara ASEAN Media Forum ke-7: Conversation with the ASEAN Chair di Jakarta pada Selasa, 31 Oktober 2023/Ist
rmol news logo Sebagai organisasi kawasan yang telah berdiri lebih dari lima dekade, ASEAN telah berhasil menjaga iklim perdamaian di kawasan Asia Tenggara.

Begitu yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam sambutan di acara ASEAN Media Forum ke-7: Conversation with the ASEAN Chair di Jakarta pada Selasa (31/10).

Berkaca pada situasi konflik di Jalur Gaza dan Timur Tengah baru-baru ini, Menlu Retno mengatakan kondisi ASEAN hingga kini jauh lebih damai dan bersyukur atas hal tersebut.

"Kita patut bersyukur bahwa kita telah diberkati oleh perdamaian dan stabilitas di kawasan ini," kata Menlu Retno dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri RI.

Kendati demikian, menurut Menlu Retno, perdamaian yang ada saat ini tidak boleh dianggap remeh. Sebab, perdamaian tidak jatuh dari langit.

Ia mendorong agar ASEAN mampu terus bekerja keras untuk menciptakan iklim damai dan menjaganya.

"Kita, ASEAN, perlu bekerja keras, sangat keras untuk mempertahankannya," tegasnya.

Terlebih, lanjutnya, saat ini persaingan  negara-negara besar semakin tajam, dunia semakin terpecah, krisis pangan dan energi, serta perang yang terus berlanjut terus terjadi.

"Sekarang di mana dunia jelas-jelas 'tidak baik-baik saja'. Dunia sedang tidak baik-baik saja," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA