Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pecinta Batik dari 14 Negara Antusias Ikuti Ajang "Jogja Membatik Dunia"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 November 2023, 10:41 WIB
Pecinta Batik dari 14 Negara Antusias Ikuti Ajang "Jogja Membatik Dunia"
Acara "Jogja Membatik Dunia" yang digelar di Provinsi DI Yogyakarta dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) DIY bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI/Ist
rmol news logo Gelaran "Jogja Membatik Dunia" semakin meriah dengan keterlibatan para pecinta batik dari 14 negara sahabat.

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri RI pada Rabu (1/11), acara yang tema "Borderless Batik" tersebut merupakan bagian dari puncak Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2023 yang digelar sejak akhir pekan lalu.

Berlangsung secara hybrid, Jogja Membatik Dunia terselenggara dengan sukses atas hasil kerjasama pemerintah Provinsi DIY dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) DIY bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri.

Acara membatik menggunakan canting dan malam pada kain disambut dengan antusias oleh para pencinta dan pemerhati Batik dari 10 negara anggota ASEAN, India, Jepang, Korea Selatan, dan China.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam sambutan yang dibacakan oleh Direktur Diplomasi Publik mengatakan bahwa Batik merupakan living art, tradisi lokal, dan kebanggaan nasional.

Selain itu, kata Retno, batik juga merupakan alat menjalankan soft power diplomacy yang membantu Indonesia memperkuat hubungan persahabatan dengan negara-negara di dunia.

"Kementerian Luar Negeri berkomitmen untuk terus mendukung upaya kota Yogyakarta, sebagai Kota Batik Dunia, dalam mempromosikan Batik ke berbagai kalangan di seluruh dunia," kata Menlu Retno.

Jogja Membatik Dunia pertama diadakan pada tahun 2021. Sementara JIBB adalah kegiatan dua tahunan yang diadakan sejak 2016, menyusul dinobatkannya Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia oleh World Crafts Council pada 2014.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA