Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NATO Benarkan Kirim 600 Tentara Inggris ke Kosovo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 02 Oktober 2023, 12:22 WIB
NATO Benarkan Kirim 600 Tentara Inggris ke Kosovo
Tentara Inggris/Net
rmol news logo Sekitar 600 tentara Inggris akan dikerahkan ke Kosovo utara di tengah meningkatnya ketegangan di perbatasan dengan Serbia. Rencana ini juga telah dikonfirmasi oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Jurubicara NATO, Dylan White mengatakan Inggris mengerahkan sekitar 200 tentara dari Batalyon 1 Resimen Princess of Wales's Royal untuk bergabung denga kontingen berisi 400 tentara yang sudah berlatih di Kosovo.

"Bala bantuan lebih lanjut akan menyusul dari sekutu lainnya. Keputusan tersebut menyusul serangan kekerasan terhadap Polisi Kosovo pada 24 September, dan meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut," kata White pada Minggu malam (1/10), seperti dimuat Associated Press.

NATO kemudian menyerukan Kosovo dan Serbia melanjutkan perundingan sesegera mungkin sebagai satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian abadi.

Pengerahan pasukan ini setelah Presiden Serbia Aleksandar Vucic membantah laporan yang menyebut pihaknya menambah kekuatan di dekat perbatasan Kosovo.

Amerika Serikat (AS) juga telah mendesak Beograd untuk menarik pasukan setelah pemerintah Kosovo menyebut pihaknya memantau pergerakan militer Serbia dari tiga arah berbeda.

Serbia menolak mengakui kemerdekaan, bekas provinsinya di wilayah selatan, yang mayoritas dihuni warga Albania kecuali di wilayah utara, satu dekade setelah perang mematikan antara gerilyawan kemerdekaan Kosovo dan pasukan Serbia.

Pasukan penjaga perdamaian pimpinan NATO berkekuatan 30 ribu orang dikerahkan ke Kosovo pada tahun 1999 setelah Perang Kosovo, sebagian besar di antaranya adalah pasukan Inggris. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA