Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan Tegang, Polandia Tidak akan Lagi Mempersenjatai Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 21 September 2023, 09:10 WIB
Hubungan Tegang, Polandia Tidak akan Lagi Mempersenjatai Ukraina
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Polandia telah memutuskan untuk tidak lagi mengirimkan bantuan senjata ke Ukraina dan akan fokus pada pertahanan dalam negerinya.

Keputusan tersebut disampaikan Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Rabu (20/9), beberapa jam setelah Warsawa memanggil duta besar Ukraina di tengah perselisihan kesepakatan biji-bijian.

“Kami tidak lagi mentransfer senjata ke Ukraina, karena kami sekarang mempersenjatai Polandia dengan senjata yang lebih modern,” kata Morawiecki, menanggapi pertanyaan dari seorang wartawan mengenai apakah Warsawa akan terus mendukung Kyiv meskipun ada perselisihan mengenai ekspor gandum, seperti dikutip dari AFP, Kamis (21/9).

Pekan lalu Uni Eropa mengumumkan akan mengakhiri pembatasan sementara impor gandum Ukraina ke lima negara, termasuk Polandia. Namun Warsawa mengatakan pihaknya akan terus menerapkan larangan tersebut secara sepihak, sehingga membuat marah sekutu dan tetangganya yang dilanda perang.

Ketegangan semakin meningkat pada Rabu ketika Warsawa memanggil duta besar Ukraina atas pernyataan pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky di PBB.

Zelensky mengatakan beberapa negara berpura-pura solidaritas dengan Ukraina, sehingga mendorong Warsawa mengecam komentar yang menurut Polandia tidak dapat dibenarkan, sebab negara itu telah mendukung Ukraina sejak hari-hari pertama perang.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA