Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Pulihkan Yunani dari Serangkaian Bencana, UE Siapkan Dana hingga Rp 42,8 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 September 2023, 07:41 WIB
Bantu Pulihkan Yunani dari Serangkaian Bencana, UE Siapkan Dana hingga Rp 42,8 Triliun
Presiden Komisi UE Ursula von der Leyen/Net
rmol news logo Uni Eropa berencana memberikan dukungan dana lebih dari 2,6 miliar euro (42,8 triliun rupiah) untuk membantu Yunani memulihkan keadaan setelah serangkaian bencana alam melanda negara itu selama musim panas.

Usulan pemberian dana disampaikan Presiden Komisi UE Ursula von der Leyen saat menggelar konferensi pers bersama Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis setelah pertemuan mereka di Strasbourg, Prancis.

"Bantuan UE tidak hanya datang pada saat yang genting ini, tetapi juga untuk membangun kembali dan rekonstruksi setelah daerah yang luas telah dihancurkan oleh kebakaran hutan dan banjir," kata Von der Leyen, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Rabu (13/9).

Dia mengungkapkan rencana tanggap darurat Komisi UE yang akan memungkinkan Yunani untuk memobilisasi hingga 2,25 miliar euro dengan merelokasi dana UE, termasuk subsidi pertanian dan pembangunan regional UE.

Komisi UE juga mendukung permintaan Yunani untuk tambahan 400 juta euro dari dana solidaritas UE yang belum disetujui oleh negara-negara anggota blok untuk menambah anggaran bantuan bencana blok tersebut.

Setidaknya 15 orang kehilangan nyawa, 5.000 orang dievakuasi, dan lebih dari 73.000 hektar lahan pertanian terendam banjir di provinsi Thessaly, Yunani, ketika Badai Daniel melanda negara itu dengan curah hujan yang tinggi minggu lalu.

Yunani juga dilanda bencana kebakaran hutan Agustus lalu, dan dinyatakan sebagai kebakaran hutan terbesar yang pernah tercatat di UE. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA