Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersangka Kasus Terorisme Melarikan Diri dari Penjara, Polisi Inggris Kerahkan Operasi Intensif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 08 September 2023, 19:55 WIB
Tersangka Kasus Terorisme Melarikan Diri dari Penjara, Polisi Inggris Kerahkan Operasi Intensif
Selebaran yang ditempel untuk mencari tersangka terorisme, Daniel Abed Khalife/Net
rmol news logo Polisi Inggris meluncurkan operasi pencarian intensif di Taman Richmond, salah satu taman terbesar London pada Jumat (8/9), untuk mencari mantan tentara yang melarikan diri dari penjara.

Pencarian ini melibatkan dua helikopter dan petugas di darat yang sedang mencari Daniel Abed Khalife, yang dituduh terlibat dalam kasus terorisme.

Berdasarkan laporan yang dimuat The Star, Khalife diketahui melarikan diri dari Penjara Wandsworth pada  Rabu saat ia sedang bekerja di dapur.

"ia diduga menyelinap keluar dengan cara menempel di bagian bawah truk pengantar makanan," kata polisi dalam keterangannya.

Khalife, pria berusia 21 tahun itu dihadapkan pada tuduhan menanam bom palsu di pangkalan militer dan melanggar Undang-Undang Rahasia Resmi Inggris dengan mengumpulkan informasi yang dianggap berguna bagi musuh, yang membuatnya diberhentikan dari militer Inggris.

Ia ditahan sejak awal tahun ini, dan membantah seluruh tuduhan tersebut, dengan persidangan yang dijadwalkan akan digelar pada November mendatang.

Fokus utama operasi pencarian tetap di Richmond Park, hutan dan padang rumput seluas 1.000 hektar yang terletak sekitar 8 kilometer dari Penjara Wandsworth.

Namun, pelarian itu telah menimbulkan kekhawatiran publik, yang kemudian membuat pihak berwenang untuk melakukan pemeriksaan keamanan ekstra di bandara dan Pelabuhan Dover, rute utama antara Inggris dan Prancis.

Kepala polisi Met, Komisaris Mark Rowley mengatakan bahwa pelarian Khalife telah direncanakan dengan cermat sebelumnya dan kemungkinan melibatkan orang dalam.

"Pelarian dari penjara itu jelas sudah direncanakan sebelumnya dan kemungkinan merupakan pekerjaan orang dalam," kata Rowley.

Sementara, saat ini sejumlah politisi oposisi telah menuntut klarifikasi tentang bagaimana Khalife berhasil melarikan diri dari penjara dengan tingkat keamanan menengah, dan tidak ditahan di fasilitas dengan tingkat keamanan maksimum. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA