Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Junta Gabon Proklamirkan Jenderal Militer sebagai Presiden Transisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 31 Agustus 2023, 14:52 WIB
Junta Gabon Proklamirkan Jenderal Militer sebagai Presiden Transisi
Jenderal Brice Clotaire Oligui Nguema diproklamirkan sebagai presiden transisi Gabon/Net
rmol news logo Junta Gabon memproklamirkan pemimpin militer mereka, Jenderal Brice Clotaire Oligui Nguema, sebagai presiden transisi setelah melakukan kudeta terhadap pemerintahan Presiden Ali Bongo Ondimba.

Jenderal Oligui Nguema ditunjuk sebagai presiden komite transisi untuk memimpin negara dalam pengumuman di televisi pemerintah pada Rabu (30/8).

Dimuat African News, Oligui sendiri merupakan sepupu Bongo yang saat ini berada dalam tahanan rumah. Oligui pernah menjadi pengawal ayah Bongo, mendiang Presiden Omar Bongo.

Dalam pengumumannya, junta Gabon juga memperpanjang jam malam yang diberlakukan setelah pemilu 26 Agustus. Warga Gabon tidak akan diizinkan bergerak bebas mulai pukul 6 sore sampai jam 6 pagi. Jam malam sebelumnya berlaku mulai pukul 7 malam sampai jam 6 pagi.

“Presiden masa transisi menekankan perlunya menjaga ketenangan dan ketentraman di negara kita yang indah. Di awal era baru, kita akan menjamin perdamaian, stabilitas, dan martabat Gabon yang kita cintai,” kata Letkol Ulrich Manfoumbi.

Militer Gabon melakukan kudeta setelah Bongo dinyatakan menang dalam pemilu. Bongo sudah memerintah Gabon selama 14 tahun, sementara keluarganya berkuasa selama 55 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA