Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kudeta Gabon: Presiden Jadi Tahanan Rumah, Putranya Ditangkap atas Tuduhan Makar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 18:42 WIB
Kudeta Gabon: Presiden Jadi Tahanan Rumah, Putranya Ditangkap atas Tuduhan Makar
Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba/Net
rmol news logo Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba menjadi tahanan rumah, sementara salah satu putranya ditangkap dengan tuduhan pengkhianatan setelah militer mengklaim telah mengambil alih kekuasaan.

“Presiden Ali Bongo berada dalam tahanan rumah, dikelilingi oleh keluarga dan dokternya,” kata perwira militer dalam pernyataan yang dibacakan di televisi pemerintah pada Rabu (30/8).

Putra Bongo dan penasihat dekatnya Noureddin Bongo Valentin, kepala stafnya Ian Ghislain Ngoulou serta wakilnya, dua penasihat presiden lainnya dan dua pejabat tinggi di Partai Demokrat Gabon (PDG) yang berkuasa telah ditangkap.

Dikutip Al Arabiya, mereka dituduh melakukan makar, penggelapan, korupsi dan memalsukan tanda tangan presiden, serta tuduhan lainnya.

Beberapa jam sebelumnya, militer mengatakan mereka telah menggulingkan Bongo, yang telah berkuasa selama 14 tahun, beberapa jam setelah ia dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilu akhir pekan lalu.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi, mereka mengatakan hasil pemungutan suara telah dibatalkan dan semua institusi  dibubarkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA