Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketegangan Meningkat, Lithuania Tutup Dua Pos Pemeriksaan di Perbatasan Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 17 Agustus 2023, 00:37 WIB
Ketegangan Meningkat, Lithuania Tutup Dua Pos Pemeriksaan di Perbatasan Belarusia
Perbatasan Lithuania dan Belarusia/Net
rmol news logo Lithuania memutuskan menutup sementara dua dari enam pos pemeriksaannya di perbatasan dengan Belarusia pada akhir pekan ini, di tengah meningkatnya ketegangan di negara tersebut.

Pada Rabu (16/8), pemerintah Lithuania menyatakan bahwa dua titik penyeberangan di Tverecius dan Sumskas akan ditutup, dan lalu lintas akan dialihkan ke pos pemeriksaan perbatasan Medininkai, pos terbesar negara itu.

Seperti dimuat ABC News, keputusan tersebut diambil karena meningkatnya kekhawatiran warga Lituania mengenai kehadiran tentara bayaran kelompok Wagner yang memiliki kaitan dengan Rusia di wilayah Belarus.

"Tujuan utamanya adalah untuk sementara menghentikan operasi di dua titik ini mulai tanggal 18 Agustus," jelas Wakil Menteri Perhubungan, Agne Vaiciukeviciute.

Ia menyebut langkah tersebut memberikan kemungkinan untuk mengarahkan petugas pemeriksaan perbatasan ke titik-titik lainnya.

Komandan Layanan Penjaga Perbatasan Negara Lituania, Rustamas Liubajevas, menyatakan bahwa kemungkinan ada sekitar 4.500 pejuang Wagner yang berada di wilayah Belarus, yang sebagian di antaranya ditempatkan di dekat perbatasan Lituania dan Polandia.

Atas kehadiran ribuan tentara bayaran Rusia itu, negara-negara yang berbatasan dengan Belarus, termasuk Polandia telah meningkatkan keamanan perbatasanyan sejak Wagner dialihkan ke Belarus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA