Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Menlu Lithuania, Menko Airlangga Ingin Wujudkan Zero Blank Spot di Seluruh Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 30 Oktober 2023, 22:32 WIB
Bertemu Menlu Lithuania, Menko Airlangga Ingin Wujudkan <i>Zero Blank Spot</i> di Seluruh Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis/Ist
rmol news logo Pertemuan bilateral dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dengan Menteri Luar Negeri Republik Lithuania, Gabrielius Landsbergis di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (30/10).

Dalam pertemuan tersebut, dibahas beberapa kerja sama, terutama di bidang infrastruktur digital yang menjadi keunggulan dari Lithuania.

“Kami siap bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk membangun sistem e-government,” kata Menlu Landsbergis.

Menlu Landsbergis juga menyebut, Pemerintah Lithuania siap mendukung Indonesia memenuhi semua persyaratan aksesi sebagai anggota OECD.

"Kami siap untuk membantu pelaksanaan pelatihan, mengirim para ahli, serta membentuk kelompok konsultasi dengan Indonesia,” jelas Menlu Landsbergis.

Tawaran Menlu Lithuania itu pun sejalan dengan sikap Indonesia yang terbuka dalam kerja sama bidang data and cyber security. Airlangga menyebut, Indonesia ingin mengembangkan kerja sama terkait proteksi data dan copyright.

"Selain itu, fokus kita adalah menciptakan zero blank spot di seluruh pulau yang ada di Indonesia. Untuk itu, kami ingin mengundang pihak Lithuania guna bekerja sama membangun infrastruktur, khususnya di sektor digital,” tegas Menko Airlangga.

Di kesempatan tersebut, Ketum Partai Golkar ini pun berharap Lithuania dapat mendukung proses aksesi Indonesia ke OECD, salah satunya dengan membagi pengalaman yang dimiliki kepada Indonesia.

Lebih lanjut, kedua menteri mendiskusikan terkait upaya percepatan penyelesaian Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU CEPA) yang saat ini masih dirundingkan oleh kedua pihak.

Pihak Indonesia dan Lithuania meyakini bahwa disepakatinya IEU CEPA nantinya dapat mendorong peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA