Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Kontrak Kerja, Ribuan Buruh di Los Angeles Lakukan Aksi Mogok Satu Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 Agustus 2023, 07:53 WIB
Protes Kontrak Kerja, Ribuan Buruh di Los Angeles Lakukan Aksi Mogok Satu Hari
Pekerja kota Los Angeles mengadakan rapat umum di luar balai kota selama pemogokan satu hari sebagai protes atas negosiasi perburuhan, di Los Angeles, California, AS, 8 Agustus 2023/Net
rmol news logo Barisan pekerja memenuhi jalan-jalan utama di Los Angeles pada Selasa (8/8). Mereka melakukan aksi mogok sebagai protes atas negosiasi kontrak.

Lebih dari 11.000 pekerja yang tergabung dalam Service Employees International Union Local 721 (SEIU 721) berpartisipasi dalam pemogokan dan antrean piket, yang dimulai sekitar pukul 4 pagi.

Pemogokan satu hari adalah yang pertama dilakukan oleh pekerja kota dalam lebih dari 40 tahun. Serikat pekerja dan kota sedang dalam negosiasi mengenai kontrak kerja berikutnya. Menurut serikat pekerja, kota tersebut belum melakukan "tawar-menawar" dengan itikad baik

Reuters melaporkan, mekanik, penjaga pantai, petugas lalu lintas dan lainnya, berbaris dalam barisan piket di balai kota dan Bandara Internasional Los Angeles, mengatakan manajemen kota telah terlibat dalam praktik perburuhan yang tidak adil yang membatasi hak karyawan dan serikat pekerja.

"Ini tentang martabat dan rasa hormat untuk semua pekerja kami," kata Presiden SEIU 721 lokal David Green kepada ratusan anggota di rapat umum yang diadakan di luar Balai Kota.

"Kami di sini hari ini untuk mengirim pesan," lanjutnya.

Pemogokan pada akhirnya membawa dampak besar di mana penduduk kota menghadapi gangguan terhadap layanan termasuk pengambilan sampah dan operasi lalu lintas.

Walikota Karen Bass turun ke media sosial X untuk meyakinkan penduduk bahwa polisi dan dinas pemadam kebakaran, serta tempat penampungan tunawisma yang dikelola kota dan pusat penitipan anak, tidak akan terpengaruh, meskipun dia memperingatkan bahwa penegakan parkir, operasi lalu lintas, dan bandara akan terpengaruh. Sementara sekolah taman kanak-kanak dan pusat penitipan anak yang dioperasikan kota akan dibuka seperti biasa.

Mengenai perselisihan kontrak, Bass mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Pekerja kota sangat penting untuk fungsi layanan bagi jutaan Angelenos setiap hari dan untuk ekonomi lokal kami. Mereka berhak mendapatkan kontrak yang adil dan kami telah melakukan tawar-menawar dengan itikad baik dengan SEIU 721 sejak saat itu."

Green membela Bass dengan mengatakan, bahwa pemogokan yang terjadi bukan berarti mereka melawan Bass.

"Karena dia selalu ada di sana untuk para pekerja. Meski begitu, ada beberapa orang bodoh di gedung itu di sana," katanya sambil menunjuk ke Balai Kota yang disambut tepuk tangan meriah.

Kontrak satu tahun SEIU lokal 721 berakhir pada bulan Desember. Saat ditandatangani, itu memberi pekerja kenaikan 3 persen dan bonus 5 persen sebanyak satu kali.

Kontrak itu menyisakan sejumlah masalah yang harus diselesaikan, yang disepakati kedua belah pihak untuk didiskusikan dalam negosiasi di masa depan.

Empat bulan kemudian, negosiator kota mengatakan mereka akan memulai pembicaraan itu dengan sesi tawar-menawar untuk kontrak berikutnya. Serikat pekerja berteriak curang dan mengajukan keluhan praktik ketenagakerjaan yang tidak adil kepada Dewan Hubungan Karyawan kota.

Courthouse News melaporkan, pemogokan terjadi di tengah-tengah apa yang oleh banyak orang disebut sebagai "musim panas buruh yang panas" di kota itu.

Sebelum pemogokan ini, penulis film dan TV telah melakukan pemogokan sejak pertengahan April. Aktor layar bergabung dengan mereka pada bulan Juli, membuat apa yang dianggap banyak orang sebagai salah satu industri terpenting kota terhenti tanpa akhir yang terlihat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA