Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikut KTT Perdamaian Ukraina di Jeddah, China ke Rusia: Kami Tak Memihak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 08:48 WIB
Ikut KTT Perdamaian Ukraina di Jeddah, China ke Rusia: Kami Tak Memihak
Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov/Net
rmol news logo China menegaskan posisinya yang independen dan tidak memihak dalam menyelesaikan krisis di Ukraina.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi ketika melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Senin (7/8), setelah Beijing mengikuti pembicaraan damai di Jeddah, Arab Saudi pada akhir pekan lalu.

Wang mengatakan China akan menjadi suara yang objektif dan rasional di forum multilateral internasional mana pun, serta secara aktif mempromosikan pembicaraan damai.

Dimuat Reuters, pernyataan itu muncul setelah pembicaraan di Arab Saudi rampung. China menyebut pembicaraan tersebut telah membantu mengkonsolidasikan konsensus internasional untuk perdamaian di Ukraina.

Pembicaraan di Jeddah dihadiri oleh lebih dari 40 negara, termasuk Indonesia, China, India, Amerika Serikat, dan Ukraina. Tetapi Rusia tidak ikut serta dalam pembicaraan tersebut.

Beijing telah menolak mengutuk Moskow atas invasi ke Ukraina yang diluncurkannya pada Februari 2022. Alih-alih, Beijing telah menawarkan rencana perdamaiannya sendiri, yang mendapat tanggapan hangat di Rusia dan Ukraina, sementara Amerika Serikat dan NATO skeptis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA