Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penambang Serbia Temukan Kapal Kayu Kuno Era Romawi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 09:42 WIB
Penambang Serbia Temukan Kapal Kayu Kuno Era Romawi
Temuan kapal kayu kuno era Romawi di sebuah tambang di Serbia/Net
rmol news logo Penambang batu bara di Serbia dilaporkan berhasil menemukan kapal kayu kuno dari zaman Romawi. Ini adalah penemuan kedua di daerah tersebut sejak 2020.

Temuan ini membuat para arkeolog langsung berupaya mengangkat kapal dari tanah di tambang Drmno untuk mengawetkan kerangkanya.

Dimuat Reuters, kapal itu mungkin bagian dari armada sungai yang melayani kota Romawi yang luas dan berpenduduk 45 ribu jiwa. Kota ini memiliki hipodrom, benteng, forum, istana, kuil, amfiteater, saluran air, pemandian, dan bengkel.

Arkeolog utama Miomir Korac mengatakan temuan sebelumnya menunjukkan bahwa kapal tersebut mungkin berasal dari abad ke-3 atau ke-4 M ketika Viminacium adalah ibu kota provinsi Romawi Moesia Superior dan memiliki pelabuhan di dekat anak sungai Danube.

“Kami mungkin berasumsi bahwa kapal ini adalah kapal Romawi, tetapi kami tidak yakin dengan usia pastinya,” ujarnya.

Korac mengatakan kayu-kayu yang telah ditemukan disemprot dengan air dan disimpan di bawah terpal untuk mencegah pembusukan di musim panas.

Para arkeolog percaya bahwa dua kapal dan tiga kano yang ditemukan sejauh ini di daerah tersebut tenggelam atau ditinggalkan di tepi sungai.

Mladen Jovicic, yang merupakan bagian dari tim yang mengerjakan kapal yang baru ditemukan itu, mengatakan bahwa memindahkan lambung sepanjang 13 meter tanpa merusaknya akan sulit.

“Teman-teman insinyur kami akan menyiapkan struktur khusus yang akan diangkat dengan crane, dan seluruh proses konservasi bertahap akan mengikuti,” ujarnya.

Penggalian Viminacium telah berlangsung sejak 1882, tetapi para arkeolog memperkirakan mereka hanya menjelajahi 5 persen dari situs tersebut, yang menurut mereka seluas 450 hektar.

Penemuan sejauh ini meliputi ubin emas, pahatan batu giok, mozaik dan lukisan dinding, senjata, dan sisa-sisa tiga mammoth. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA