Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khawatir Soal Wagner, Lithuania dan Polandia Berencana Tutup Jalur Perbatasan Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 31 Juli 2023, 18:31 WIB
Khawatir Soal Wagner, Lithuania dan Polandia Berencana Tutup Jalur Perbatasan Belarusia
Tentara bayaran Wagner/Net
rmol news logo Kehadiran tentara bayaran Rusia Wagner di wilayah Belarusia telah menciptakan kekhawatiran di antara negara tetangga, seperti Lithuania dan Polandia.

Kedua negara bahkan mempertimbangkan untuk menutup perbatasan mereka dengan Belarusia, untuk mengantisipasi ancaman keamanan dari Wagner.

Wakil Menteri Dalam Negeri Lithuania, Arnoldas Abramavicius menyebut Wagner bisa menjadi ancaman, saat mereka menyamar sebagai pencari suaka dan mencoba melintasi perbatasan Belarusia menuju negara Uni Eropa.

"Bisa jadi Wagner telah diselundupkan di antara kelompok pengungsi dan migran gelap untuk menimbulkan semacam kerusuhan," jelasnya, seperti dimuat The Defense Post pada Senin (31/7).

Di sisi lain, Ketua Partai berkuasa Polandia, Jaroslaw Kaczynski yakin bahwa Wagner tidak berada di Belarusia tanpa alasan.

"Mereka ada di sana untuk menciptakan berbagai jenis krisis, terutama yang menargetkan Polandia," tegasnya.

Baik Polandia maupun Lithuania memiliki perbatasan darat dengan Belarusia. Kedua anggota NATO itu menuduh Minsk sengaja mendorong arus pengungsi ke wilayah mereka untuk menghancurkan pertahanan mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA