Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terpecah Belah, Sebagian Tentara Wagner Kembali Berperang di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 25 September 2023, 15:06 WIB
Terpecah Belah, Sebagian Tentara Wagner Kembali Berperang di Ukraina
Tentara Wagner Group/Net
rmol news logo Tentara bayaran Wagner Group dilaporkan terpecah belah setelah pemimpin mereka, Yevgeny Prigozhin, meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat di Tver pada Agustus.

Lembaga think tank Institute of Study of War (ISW) yang berbasis di Washington menyebut beberapa tentara Wagner kemungkinan akan kembali berperang di Ukraina.

"Kontingan Wagner Group yang terpecah belah dilaporkan kembali berperang di Ukraina. (Mereka) kemungkinan besar hanya akan memberikan dampak kecil pada kemampuan tempur Rusia tanpa membawa efektivitas penuh yang dimiliki Wagner sebagai organisasi kesatuan di bawah kepemimpinan Yevgeniy Prigozhin dan pendiri Dmitry Utkin,” tulis ISW dalam penilaiannya, seperti dimuat Al Arabiya, Senin (25/9).

Mantan kepala pemerintahan Oblast Luhansk, Serhiy Haidai mengatakan personel Wagner beroperasi di Oblast Luhansk dan di berbagai sektor garis depan.

“Sumber yang berafiliasi dengan Wagner mengklaim bahwa sekitar 500 personel Wagner termasuk mereka yang menolak untuk berpartisipasi dalam pemberontakan Wagner pada tanggal 24 Juni telah bergabung dengan organisasi baru yang tidak disebutkan namanya yang diorganisir oleh mantan kepala departemen personalia Wagner dan kemungkinan akan kembali ke Ukraina untuk berperang di wilayah selatan. sisi Bakhmut,” kata ISW.

Prigozhin meninggal dalam kecelakaan jet pribadi di dekat Tver, 180 km barat laut Moskow, pada 23 Agustus. Selain pria 72 tahun itu, terdapat sembilan orang lain dalam pesawat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA