Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berusaha Kembali ke Rusia, Mantan Komandan Wagner Tertangkap Aparat Norwegia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 24 September 2023, 11:20 WIB
Berusaha Kembali ke Rusia, Mantan Komandan Wagner Tertangkap Aparat Norwegia
Mantan Komandan Wagner Group, Andrei Medvedev/Net
rmol news logo Mantan Komandan kelompok tentara bayaran Wagner, Andrei Medvedev dilaporkan kembali tertangkap oleh aparat Norwegia karena mencoba kabur kembali ke negara asalnya, Rusia.

Kepolisian Norwegia pada Sabtu (23/9), mengumumkan telah menangkap seorang pria berusia 20 tahunan pada Jumat malam (22/9) karena mencoba melintasi perbatasan dekat Rusia secara ilegal.

Kendati demikian, pihak kepolisian enggan mengungkap identitas pria tersebut.

Isu tentang kaburnya Medvedev justru diungkap sendiri oleh pengacaranya yang berasal dari Norwegia, Brynjulf Risnes. Dia mengklaim laporan tentang Medvedev yang berusaha kabur itu hanya sebuah kesalahpahaman.

Risnes mengonfirmasi bahwa kliennya berada di dekat perbatasan, tetapi bukan untuk menyeberang melainkan untuk mencari lokasi saat ia menyeberang dari Rusia ke Norwegia Januari lalu.

"Tetapi dia dihentikan ketika dia berada di dalam taksi. Dia tidak pernah berada di dekat perbatasan.  Dia tidak pernah berniat untuk menyeberang kembali ke Rusia," tegas Risnes, seperti dimuat US News.

Medvedev melarikan diri dari Rusia ke Norwegia melalui perbatasan Arktik. Dia mengaku takut dan tidak kuat melihat penyiksaan dan pembunuhan terhadap tahanan Rusia yang dibawa ke garis depan di Ukraina.

Dia sempat meminta suaka di Norwegia. Tetapi pada Mei lalu, dalam tayangan video Youtubenya, Medvedev mengatakan ingin kembali ke Rusia meskipun dia yakin hal ini dapat membahayakan nyawanya.

Pengacaranya mengatakan Medvedev mempunyai hak untuk kembali ke Rusia jika dia menginginkannya. Tetapi banyak yang harus dilakukan agar kliennya bisa kembali ke Rusia dengan selamat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA