Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Rumania Mundur Usai Terlilit Skandal Pelecehan Lansia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 15 Juli 2023, 09:21 WIB
Menteri Rumania Mundur Usai Terlilit Skandal Pelecehan Lansia
Menteri Urusan Keluarga Rumania Gabriela Fiera/Net
rmol news logo Setelah terseret dalam kasus pelecehan dan penganiayaan lansia di panti jompo, Menteri Urusan Keluarga Rumania Gabriela Fiera memutuskan mundur dari jabatannya.

Firea mengumumkan pengunduran dirinya di Facebook pada Jumat (14/7), usai bertemu dengan Perdana Menteri Rumania Marcel Ciolacu.  

Mengutip The Star, Fiera merupakan menteri kedua dari kabinet Ciolacu yang mengundurkan diri hanya seminggu setelah Menteri Tenaga Kerja Marius Budai mundur.

Awal bulan ini, Jaksa Rumania telah membuka penyelidikan kriminal terhadap  26 tersangka atas tuduhan perdagangan manusia, penipuan, pemalsuan, dan membentuk kelompok kejahatan terorganisir untuk mengeksploitasi orang tua yang mereka rawat.

Penyelidikan itu dilakukan setelah penggerebekan di tiga panti jompo di kota Voluntari, pinggiran Bucharest. Saat itu ditemukan 98 lansia dalam kondisi kotor, kurang gizi, dan memar.

"Mereka menjadi sasaran perlakukan tidak manusiawi, dipaksa bekerja, dilecehkan secara fisik, tidak diberi cukup makanan dan tidak diberi perawatan medis memadai," ungkap jaksa.

Para tersangka diduga menyalahgunakan dana pemerintah senilai 5,2 juta lei atau Rp 17 miliar yang seharusnya digunakan untuk menjamin kesejahteraan lansia di Rumania.

Nama Menteri Keluarga Rumania terseret setelah salah satu tersangka yang mengelola tiga panti jompo tersebut ternyata pernah bekerja untuk Firea.

Kendati demikian, hingga pengumuman pengunduran dirinya, Firea terus membantah terlibat dalam skandal pelecehan lansia.

Dia juga curiga ada oknum yang sengaja mencorong namanya, sehingga Firea tidak bisa mencalonkan diri sebagai Walikota Bucharest tahun depan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA