Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa Kecam Veto Rusia atas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan ke Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 13 Juli 2023, 15:37 WIB
Uni Eropa Kecam Veto Rusia atas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan ke Suriah
Kepala Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa, Josep Borrell/Net
rmol news logo Keputusan Rusia untuk memveto atau menolak resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tentang keberlanjutan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Suriah, mendapat kritikan tajam dari Uni Eropa (UE).

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Josep Borrell dan Komisaris Manajemen Krisis UE, Janez Lenarcic mengecam keputusan Rusia karena dinilai mampu membahayakan jutaan warga Suriah yang membutuhkan.

"Rusia memblokir pengiriman bantuan yang dilakukan melalui Turki. Ini akan semakin memperburuk situasi kemanusiaan di Suriah yang sudah mengerikan," bunyi pernyataan keduanya, seperti dimuat Al Arabiya pada Rabu (12/7).

Oleh sebab itu, Uni Eropa mendesak Rusia berhenti memperburuk keadaan dan meminta PBB segera mencari solusi terbaiknya agar rute bantuan dibuka kembali.

“Penghentian pengiriman lintas batas akan menyebabkan hilangnya satu-satunya jalur kehidupan bagi lebih dari empat juta orang yang tinggal di Suriah barat laut, termasuk hampir tiga juta pengungsi internal,” kata pernyataan itu.

Pada Selasa (11/7), Rusia menggunakan hak vetonya untuk menolak pembaharuan Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai pengiriman lintas batas bantuan kemanusiaan kepada orang-orang di Suriah Barat Laut.

Selama lebih dari satu dekade, Rusia, bersama dengan Iran, adalah sekutu utama pemerintah Suriah yang memerangi oposisi yang dipicu oleh penindasan brutal Damaskus terhadap pengunjuk rasa pada tahun 2011. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA