Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Demonstran Geruduk Kedubes Israel di London

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 06 Juli 2023, 16:30 WIB
Ribuan Demonstran Geruduk Kedubes Israel di London
Para demonstran saat melakukan aksi unjuk rasa di London sebagai bentuk dukungannya untuk Palestina, pada Rabu, 5 Juli 2023/Net
rmol news logo Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di pusat kota London pada Rabu (5/7), untuk menyuarakan protes mereka terhadap "kebijakan apartheid" Israel dan penyerbuan di Kota Jenin, Tepi Barat baru-baru ini.

Demonstrasi tersebut digelar pada pukul 6 sore waktu setempat, dengan massa menggeruduk Kedutaan Besar Israel.

Mengutip Yeni Safak pada Kamis (6/7), pengunjuk rasa berkumpul dengan membawa poster yang melontarkan slogan-slogan dukungan untuk Palestina, seperti "Kebebasan untuk Palestina", "Akhiri Apartheid", "Berdiri dengan Jenin," dan "Hentikan Pembantaian".

Menariknya, aksi ini juga diikuti oleh beberapa orang Yahudi Ortodoks dan para pejabat Inggris yang hadir bersama dengan kelompok-kelompok sosialis dan kelompok solidaritas Palestina seperti Kampanye Solidaritas Palestina dan Forum Palestina di Inggris.

Anggota parlemen dari Partai Nasional Skotlandia (SNP), Tommy Sheppard, hadir di tengah-tengah aksi itu dengan memberikan orasi yang turut mengutuk serangan militer yang terjadi di Jenin.  

"Saya datang ke sini juga untuk menentang penindasan yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina, pendudukan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, sistem penindasan sehari-hari," katanya.

Ia berharap protes ini dapat memberikan tekanan internasional terhadap tindakan Israel. Sheppard juga menyalahkan pemerintah Inggris atas sikap yang terkesan acuh tak acuh terhadap konflik tersebut dan gagal mengutuk serangan Israel.

Demonstrasi ini turut dihadiri oleh mantan pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn, yang dengan tegas menyuarakan penentangannya terhadap serangan Israel dan menyatakan solidaritas dengan rakyat Palestina.

Corbyn juga mengajak semua anggota parlemen untuk menolak RUU anti-boikot yang sedang dibahas di Inggris dan mempertanyakan perlindungan khusus yang diberikan kepada Israel dalam RUU tersebut.

Setelah orasi, para pengunjuk rasa melanjutkan unjuk rasa dengan mengadakan pawai sambil melontarkan slogan-slogan menentang kebijakan Israel terhadap Palestina. Mereka menuntut penghentian kebijakan apartheid dan penindasan yang dilakukan oleh Israel.

Serangan Israel di kota Jenin selama dua hari pada pekan ini telah menjadi sorotan utama dalam protes. Sebab serangan itu disebut sebagai serangan terbesarnya, yang telah menewaskan sedikitnya 12 warga Palestina dan melukai lebih dari 140 orang, termasuk lima anak di bawah umur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA