Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Penjaga Pantai China Terus Ganggu Filipina di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Juli 2023, 02:53 WIB
Kapal Penjaga Pantai China Terus Ganggu Filipina di Laut China Selatan
Kapal Penjaga Pantai China ketika menghalangi kapal Penjaga Pantai Filipina di Laut China Selatan pada 30 Juli 2023/Net
rmol news logo Filipina kembali melaporkan tindakan agresif China di Laut China Selatan. Manila menyebut Penjaga Pantai China telah melakukan manuver berbahaya terhadap kapal Penjaga Pantai Filipina.

Jurubicara Penjaga Pantai Filipina, Jay Tarriela mengatakan, kapal mereka terus-menerus diikuti, diganggu, dan dihalangi oleh kapal Penjaga Pantai China yang jauh lebih besar ketika membantu operasi angkatan laut pada 30 Juni lalu.

Lewat cuitannya pada Rabu (5/7), Terriela menyebut insiden itu terjadi di dekat Second Thomas Shoal. Ia mengatakan kapal Penjaga Pantai Filipina harus mengurangi kecepatan untuk mencegah tabrakan.

Menurut Tarriela, tindakan China ini mengkhawatirkan. Ia juga menyoroti kehadiran kapal Angkatan Laut China di sekitar perairan tersebut.

Sejauh ini Kedutaan Besar China di Manila belum memberikan komentar.

China mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut China Selatan melalui sembilan garis putus-putus di petanya yang memotong zona ekonomi eksklusif Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei.

Pengadilan Arbitrase Permanen pada tahun 2016 menyatakan bahwa klaim tersebut tidak memiliki dasar menurut hukum internasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA