Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Rusia untuk Havana: Putin Dapat Undangan untuk Kunjungi Kuba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 00:08 WIB
Dubes Rusia untuk Havana: Putin Dapat Undangan untuk Kunjungi Kuba
Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Kabar bahwa Pemerintah Kuba mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk datang berkunjung, dikonfirmasi kebenarannya oleh Duta Besar Rusia di Havana, Viktor Koronelli, pada Senin (3/7).

Menurut Koronelli, Putin memang telah menerima undangan tersebut dari Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel, tetapi masih belum bisa memastikan kapan kunjungan dilakukan, atau apakah Presiden Rusia itu bisa berkunjung ke Havana, di tengah perangnya yang memanas di Ukraina.

"Vladimir Vladimirovich (Putin) memiliki undangan, tapi saya belum tahu bagaimana rencananya akan disusun," ungkapnya dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat BNN Network.

Dikatakan Koronelli, pada November tahun lalu Presiden Kuba pernah berkunjung ke Moskow dan menemui Putin. Sehingga dapat dikatakan bahwa undangan itu merupakan permintaan untuk kunjungan balasan.

"Tahun lalu, Diaz-Canel memberikan salam pribadi dari mantan pemimpin Kuba Raul Castro kepada Putin dan mengutuk sanksi Barat yang dijatuhkan pada Rusia," ungkap Koronelli.

Kuba berusaha meyakinkan Kremlin bahwa dukungan negaranya akan terus tumbuh dan menguat.

Kedua negara itu merupakan sekutu politik lama yang menghadapi sanksi dari Amerika Serikat. Keduanya bekerja sama memfasilitasi perdagangan dan investasi untuk menghindari dampak sanksi dan memperkuat ekonomi nasional.

Tahun ini saja, Kuba telah menyambut sekitar 66.000 wisatawan dari Rusia, jumlah yang signifikan yang menyoroti semakin populernya pulau itu di kalangan wisatawan Rusia.

Setelah penerbangan reguler Aeroflot dimulai kembali, Kuba berharap jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke negaranya tahun ini bisa mencapai 100.000 orang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA