Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wagner Pindah, Polandia Minta Uni Eropa Bantu Perkuat Pertahanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 29 Juni 2023, 21:03 WIB
Wagner Pindah, Polandia Minta Uni Eropa Bantu Perkuat Pertahanan
Pemimpin Partai Hukum dan Keadilan (PiS) Polandia, Jaroslaw Kaczynski/Net
rmol news logo Perpindahan Wagner ke Belarusia telah menciptakan kekhawatiran baru di antara negara tetangga. Salah satunya, Polandia. Pemindahan ini merupakan buntut dari pemberontakan yang dilakukan di Rusia.

Wakil Perdana Menteri Polandia, Jaroslaw Kaczynski, memperkirakan sekitar 8.000 pasukan Wagner yang sudah berada di Belarusia.

"Kehadiran Wagner di Belarusia dapat berarti fase baru perang hibrida, sebuah fase yang jauh lebih sulit daripada yang telah kita tangani sejauh ini," jelasnya, seperti dimuat The Star.

Oleh sebab itu, kata Kaczynski, negaranya akan mengambil langkah untuk memperkuat pertahanan Polandia di perbatasan.

"Polandia akan meningkatkan kehadiran pasukan keamanan dan meningkatkan pertahanan benteng," kata pemimpin Partai Hukum dan Keadilan (PiS), yang berkuasa di Polandia itu.

Sejalan dengan misi pertahanan yang diumumkan Kaczynski, Wakil Menteri Luar Negeri Pawel Jablonski mendorong agar Uni Eropa juga membantu Polandia memperkuat pertahanannya.

"Brussels harus membantu Warsawa membayar tindakan tersebut. Solidaritas Eropa berarti mendukung negara-negara yang terancam destabilisasi," ujar Jablonski. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA