Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden AS Joe Biden Optimis Swedia Segera Menjadi Anggota NATO dengan Persetujuan Turkiye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 24 Juni 2023, 14:21 WIB
Presiden AS Joe Biden Optimis Swedia Segera Menjadi Anggota NATO dengan Persetujuan Turkiye
Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis John Kirby berpartisipasi dalam jumpa pers di Gedung Putih di Washington DC, AS, 23 Juni 2023/Net
rmol news logo Pemerintah AS kembali menyatakan keyakinannya bahwa Swedia akan diterima sebagai anggota NATO berikutnya.

Mengungkapkan pernyataan Presiden AS Joe Biden, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan pada Jumat (23/6) bawah Washington telah mendorong dialog antara Swedia dan Turkiye mengenai proses aksesi Stockholm untuk dilanjutkan.

"Seperti yang dikatakan presiden, dia yakin kedua negara akan dapat mencapai kesepakatan, dan kami akan dapat menyambut Swedia sebagai sekutu ke-32 di NATO," kata Kirby, seperti dikutip dari Daily Sabah, Sabtu (24/6).

"Saya tidak bisa mulai sekarang untuk memberi Anda kerangka waktu seperti apa, kapan dan dalam keadaan apa, tetapi fakta bahwa mereka masih berbicara adalah hal yang baik," tambahnya.

Finlandia dan Swedia melamar keanggotaan NATO segera setelah Rusia melancarkan perangnya melawan Ukraina pada Februari 2022.

Meskipun Turkiye menyetujui keanggotaan Finlandia ke NATO, mereka menunggu Swedia untuk mematuhi memorandum trilateral yang ditandatangani Juni lalu di Madrid untuk mengatasi masalah keamanan Ankara.

Beberapa sekutu NATO, termasuk AS, berharap Turkiye akan menyetujui proses kenaikan Swedia menjelang pertemuan puncak di ibu kota Lithuania, Vilnius, yang ditetapkan pada 11-12 Juli 2023.

Swedia telah berupaya mengambil hati Pemerintah Turkiye dengan cara mengeluarkan undang-undang anti-teror pada November, berharap Ankara akan menyetujui tawarannya untuk bergabung dengan NATO. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA