Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan Pulih, Qatar dan UEA Buka Lagi Masing-masing Kedutaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 19 Juni 2023, 18:24 WIB
Hubungan Pulih, Qatar dan UEA Buka Lagi Masing-masing Kedutaan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Setelah beberapa tahun mengalami ketegangan, Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) telah mencapai kesepakatan untuk memulihkan hubungan diplomatik mereka.

Pada Senin (19/6), kedua negara mengumumkan pembukaan kembali kedutaan masing-masing, langkah itu menandai kemajuan mereka dalam memperbaiki hubungan bilateral.

Seperti dimuat Mehr News, pemerintah UEA telah mengonfirmasi pembukaan kembali kedutaannya di Doha, sementara Qatar pada hari yang sama juga membuka kembali kedutaannya di Abu Dhabi dan konsulatnya di Dubai.

"Berdasarkan Perjanjian Al-Ula, dan keinginan kedua negara untuk memperkuat hubungan, kedutaan dibuka kembali pada 19 Juni," bunyi pengumuman di situs web Kementerian Luar Negeri UEA.

Kini kedua negara itu akan kembali melanjutkan pekerjaan mereka di kantor diplomatiknya masing-masing.

Sejak 2017 lalu, kedua negara sempat menghadapi ketegangan yang intens, ketika UEA bersama dengan beberapa negara Arab lainnya memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar, karena negara itu dianggap terlalu dekat dengan Iran dan mendukung kelompok garis keras.

Namun, kini dengan tercapainya kesepakatan tersebut, hubungan kedua negara diharapkan akan semakin membaik, dengan membawa dampak positif bagi stabilitas regional, serta dapat memperkuat iklim kerja sama di Timur Tengah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA