Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rayakan 200 Tahun Hubungan Inggris-Amerika Latin, Menlu Cleverly: Kemitraan Dua Negara Makin Kuat dan Ambisius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 22 Mei 2023, 21:13 WIB
Rayakan 200 Tahun Hubungan Inggris-Amerika Latin, Menlu Cleverly: Kemitraan Dua Negara Makin Kuat dan Ambisius
Menteri Luar Negeri London, James Cleverly/Net
rmol news logo Dalam rangka merayakan 200 tahun hubungan antara Inggris dan Amerika Latin, Menteri Luar Negeri London James Cleverly berkunjung ke ibu kota Chili, Santiago, pada Senin (22/5).

Berbicara di Pusat Kebudayaan Gabriela Mistral, Cleverly menyampaikan tentang kebanggaan negaranya atas peran yang dimainkan dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Amerika Latin dua abad lalu.

“Posisi kami jelas. Untuk memberi penghormatan terhadap kedaulatan, integritas teritorial, penentuan nasib sendiri dan hak asasi manusia, harus diutamakan, di samping demokrasi, supremasi hukum, dan kebebasan," kata Cleverly, seperti dikutip dari The National News.

Cleverly menekankan bahwa kemitraan antara Inggris dan Amerika Latin di masa depan akan semakin kuat dan ambisius.

“Bukan hanya karena ikatan sejarah persahabatan yang telah mempersatukan kita selama lebih dari 200 tahun, tetapi karena kita menghargai nilai fundamental yang sama yang mengilhami terciptanya tatanan internasional ini,” ujarnya.

Menurutnya, Amerika Latin merupakan pasar potensial yang sangat besar dengan 660 juta masyarakat yang ada dan dengan PDB gabungan hampir enam triliun dolar.

Dalam kesempatan tersebut Menlu Inggris juga menyoroti peluang perdagangan dan investasi yang akan semakin ditingkatkan di kawasan tersebut.

"Ini adalah bagian dari tujuan kebijakan luar negeri Inggris, untuk menghidupkan kembali persahabatan lama dan membangun yang baru di luar aliansi yang sudah mapan," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA