Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Bantah Intervensi Pemilu Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 14 Mei 2023, 09:05 WIB
Rusia Bantah Intervensi Pemilu Turki
Jurubicara Kremlin, Dmitry Peskov/Net
rmol news logo Tuduhan yang dilontarkan pemimpin oposisi Turki terhadap Rusia atas campur tangannya jelang pemilu Ankara, mendapat bantahan keras dari Kremlin.

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov pada Sabtu (13/5) menegaskan pihaknya tidak pernah ikut campur dalam pemilu asing manapun.

Adapun terkait penyeberan konten palsu yang dituduhkan pesaing utama Presiden Recep Tayyip Erdogan, Kemal Kilicdaroglu, Peskov menyatakan Rusia tidak dapat menerimanya, karena tidak benar.

"Kami dengan tegas tidak menerima tuduhan campur tangan dalam pemilu Turki. Kami sangat kecewa dengan pernyataan oposisi di Turki ini,” ungkap Peskov, seperti dimuat Al Arabiya.

Meski Kilicdaroglu mengklaim dirinya memiliki bukti keterlibatan Rusia, Peskov mengatakan itu tidak akan pernah terjadi.

"Dia (Kilicdaroglu) tidak akan dapat memberikan bukti dugaan campur tangan Rusia, karena itu memang tidak ada," tegasnya.

Pada Jumat (12/5), Kilicdaroglu memperingatkan Rusia untuk berhenti merilis konten online “palsu” menjelang pemungutan suara Turki yang akan digelar pada Minggu (14/5).

Ia mengatakan bahwa partainya memiliki bukti nyata tentang intervensi Rusia dalam perhelatan pemilu yang akan diikutinya tersebut.

Tidak hanya Turki, Rusia juga pernah dituduh ikut campur dalam pemilihan asing lain, termasuk dalam pemilihan AS. Namun itu langsung dibantah Kremlin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA