Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puluhan Warga Kabupaten Marsabit Dijangkiti Penyakit Misterius, Sembilan Meninggal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Mei 2023, 11:43 WIB
Puluhan Warga Kabupaten Marsabit Dijangkiti Penyakit Misterius, Sembilan Meninggal Dunia
Seorang teknolog laboratorium memisahkan dan memproses darah menjadi berbagai komponennya di Pusat Transfusi Darah Regional Nakuru/Net
rmol news logo Sembilan warga komunitas Kagi di Kabupaten Marsabit, bagian utara Kenya dilaporkan tewas akibat sebuah penyakit misterius dan menyebabkan lebih dari 80 lainnya sakit parah.

Keterangan jumlah korban disampaikan Moses Galoro, kepala senior wilayah tersebut pada Rabu (10/5) waktu Kenya.

"Sejauh ini kami telah kehilangan sembilan orang dan setidaknya 80 lainnya terbaring di tempat tidur di desa-desa," kata Galoro, seperti dikutip dari AFP, Kamis (11/5).

Dia mengimbau pihak berwenang segera melakukan tindakan untuk menahan wabah dan mencegah lebih banyak kematian. Dia mengatakan enam dari yang meninggal adalah orang dewasa, dan tiga adalah anak-anak berusia antara satu dan tiga tahun.

Penyakit tersebut, yang pertama kali dilaporkan dua minggu lalu, diduga sebagai bentuk “malaria ganas” berdasarkan penyelidikan awal oleh petugas kesehatan.

Gejala yang dilaporkan termasuk penyakit seperti flu, mata kuning, sakit kepala parah, dan limpa bengkak, dengan satu korban menunjukkan tanda-tanda yang mirip dengan Kalazar, sejenis leishmaniasis visceral.

Dua bulan sebelum wabah menyebar, Lembaga Penelitian Medis Kenya menemukan adanya spesies nyamuk invasif di daerah Laisamis dan Saku di daerah Marsabit.

Departemen Kesehatan Kabupaten Marsabit mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan lembaga kesehatan lainnya, dan semua tindakan yang diperlukan diambil untuk mengidentifikasi, menahan, dan mengelola wabah.

Obat antimalaria untuk dewasa dan anak-anak, parasetamol, dan antibiotik telah tersedia untuk masyarakat sejak Selasa, obat lainnya sebagai tambahan juga telah dikirim pada Kamis.

“Kami mendorong warga untuk melakukan tindakan pencegahan seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan air, menghindari kontak dengan orang sakit, dan mencari pertolongan medis jika mereka mengalami gejala apa pun,” kata departemen kesehatan kabupaten. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA