Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Migran di Perairan Malta Berhasil Diselamatkan setelah Upaya 11 Jam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 05 April 2023, 22:46 WIB
Ratusan Migran di Perairan Malta Berhasil Diselamatkan setelah Upaya 11 Jam
Representative images/Net
rmol news logo Setelah melakukan operasi penyelamatan selama 11 jam, organisasi kemanusiaan Doctors Without Borders (MSF) berhasil menyelamatkan lebih dari 400 migran di lepas pantai Malta.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu (5/4), tim dari organisasi kemanusiaan itu dikabarkan sempat merasa kesulitan untuk mengangkut ratusan migran yang terombang ambing di kapal, karena buruknya cuaca di perairan itu.

Menggunakan kapal penyelamat MSF Geo Barents, operasi penyelamatan ke Mediterania berhasil dilakukan meski operasi itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Setelah lebih dari 11 jam operasi, penyelamatan sekarang selesai dan total 440 orang, termasuk 8 wanita dan 30 anak-anak, sekarang aman di atas Geo Barents dan dirawat oleh tim," kata badan amal itu.

Dimuat Al Arabiya, para migran diduga berasal dari Afrika yang sengaja menyeberangi perairan itu untuk mencari suaka di Eropa, khususnya Italia, melalui jalur penyeberangan yang berbahaya.

Pada Februari, kapal kemanusiaan Geo Barents pernah ditahan oleh otoritas Italia karena diduga melanggar aturan tentang misi penyelamatan jiwa di Mediterania, dengan tidak memberikan informasi pergerakan kapal kepada otoritas tersebut.

Sejauh ini, Italia yang tengah berjuang untuk mengekang jumlah migran yang mendarat di negaranya telah memberlakukan aturan ketat kepada kapal kemanusiaan. Salah satunya dengan memberlakukan undang-undang yang hanya mengizinkan mereka melakukan operasi penyelamatan dalam satu waktu saja. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA