Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berhari-hari Dihantam Topan Cheneso, 25 Warga Madagaskar Meninggal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 31 Januari 2023, 08:04 WIB
Berhari-hari Dihantam Topan Cheneso, 25 Warga Madagaskar Meninggal Dunia
Kondisi pemukiman warga yang banjir akibat topan Cheneso di Madagaskar/Net
rmol news logo Gempuran topan Cheneso  selama sepuluh hari terakhir di Madagaskar telah memakan puluhan korban jiwa dan membuat ribuan warga lainnya terpaksa mengungsi ke tempat yang aman.

Dikutip dari Al-Jazeera, Senin (30/1),  Kantor Manajemen Risiko dan Bencana Madagaskar pada Minggu merilis kematian akibat bencana alam tersebut mencapai 25 orang, sementara 21 lainnya dinyatakan hilang.

Diperkirakan topan Cheneso telah berdampak pada 83.181 orang, dengan hampir 38 ribu warganya terpaksa dievakuasi dari 23.600 rumah yang terendam banjir dan 500 lainnya hancur total.

Topan Cheneso yang menghantam Madagaskar timur laut sejak 19 Januari lalu, membawa angin kencang dan memicu hujan deras yang menyebabkan banjir besar.

Menurut Pusat Meteorologi Khusus Regional Samudra Hindia Barat Daya, Cheneso adalah badai tropis pertama dari musim topan di Afrika Selatan yang biasanya berlangsung dari November hingga April.

Dalam beberapa tahun terakhir, Madagaskar dan Mozambik telah berulang kali dilanda badai dan topan hebat yang telah menghancurkan rumah, infrastruktur, dan tanaman serta membuat banyak orang mengungsi.

Pada Januari dan Februari 2022, empat badai besar melanda Madagaskar, menewaskan sedikitnya 138 orang, menghancurkan 124.000 rumah, dan membuat sekitar 130.000 orang mengungsi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA