Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kota di India Terancam Tenggelam, Bangunan Amblas dan Air Keluar dari Tanah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 08 Januari 2023, 06:56 WIB
Kota di India Terancam Tenggelam, Bangunan Amblas dan Air Keluar dari Tanah
Retak di jalanan di Kota Joshimath, Uttarakhand, India/Net
rmol news logo Fenomena tanah tenggelam terjadi di India. Sebuah kota di negara bagian Uttarakhand dekat Himalaya seketika amblas dan air keluar dari dalam tanah.

Retakan-retakan terlihat di jalanan dan bangunan Kota Joshimath. Pihak berwenang pada Sabtu (7/1) menyebut 600 rumah terdampak akibat fenomena ini. Sebuah candi juga runtuh ketika tanah amblas pada Jumat malam (6/1).

Seorang pejabat distrik, Himashu Khurana mengurai, lebih dari 60 keluarga telah dievakuasi ke kamp bantuan pemerintah. Namun jumlahnya kemungkinan akan bertambah menjadi 600 keluarga.

"Tampaknya sistem drainase rusak, mengakibatkan rembesan air di bawah rumah yang menyebabkan mereka tenggelam," kata pejabat manajemen bencana engara bagian, Ranjit Sinha menjelaskan penyebab insiden tersebut.

Para ahli juga memperkirakan fenomena ini terjadi lantaran massifnya upaya konstruksi jalan raya dan bangunan-bangunan di wilayah tersebut.

Dimuat Associated Press, pemerintah akan membayar kompensasi sebesar 4.000 rupee per bulan selama enam bulan kepada mereka yang kehilangan tempat tinggal di Joshimath.

Pihak berwenang juga telah menghentikan sementara kegiatan konstruksi, termasuk pembangunan jalan Chardham untuk mempermudah akses ziarah.

Joshimath merupakan kota kuil berpenduduk sekitar 25 ribu orang yang terletak di ketinggian 1.890 meter. Setiap tahunnya, puluhan ribu orang berziarah ke Badrinath dan Him Kund Sahib, situs ziarah utama Hindu dan Sikh, di sekitar Joshimath.

Wilayah ini juga memiliki hujam deras yang menghancurkan. Ratusan orang meninggal dunia ketika banjir parah yang melanda pada tahun 2013 dan 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA