Menurut Online Project, seperti dikutip
ABC News (Minggu, 13/7), sebuah lembaga penelitian Timur Tengah, penduduk di wilayah Timur Tengah yang menggunakan media sosial meningkat hingga 30 persen selama bulan suci daripada hari-hari biasanya.
Hal ini membuat banyak perusahaan perangkat lunak meluncurkan fitur-fitur khusus Ramadhan, yang menawarkan umat Islam di seluruh dunia untuk lebih banyak memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan.
Seperti Google, yang menyajikan fitur khusus di YouTube, yang menampilkan live streaming dari Masjidil Haram, Mekkah, kelas memasak yang mengajarkan resep-resep baru untuk makan sahur dan tombol sekali klik untuk Google Hangout untuk menghubungkan anggota keluarga di berbagai penjuru.
Google juga mengundang pengguna untuk mengirimkan foto buka puasa dengan menggunakan hashtag #breakingfast dan memfokuskan Google Search untuk menyoroti tren di dunia muslim. Nokia, Microsoft dan BlackBerry juga meluncurkan beberapa aplikasi bertema Ramadhan pada minggu ini.
Nokia dan Microsoft bersama-sama merilis "Ramadan Kareem," yang memberitahu pengguna jadwal waktu shalat dan "Quran Mojawed," yang menyuguhkan Al-Quran dalam ponsel. Kedua aplikasi yang dirancang untuk Windows Phone 8, tersedia di Windows Phone Store.
Tidak ketinggalan, Research in Motion (RIM) Blackberry menyajikan aplikasi Islam 101," yang berisi panduan prinsip-prinsip agama Islam. Sementara itu, Apple App Store menyediakan InstaDeen bagi pengguna Instagram untuk mendapatkan gambar ayat Al-Quran.
Manajer pemasaran aplikasi untuk Nokia MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara), Ahmed Arab, mengatakan bahwa jumlah aplikasi penargetan muslim selama bulan Ramadhan kemungkinan akan naik.
"Masyarakat Timur Tengah dan Afrika Utara sangat antusias dengan penawaran aplikasi khusus Ramadhan," katanya.
[wid]
BERITA TERKAIT: